Note

Pertamina-NEXI Teken MoU Percepatan Inisiatif Transisi Energi

· Views 43

Pasardana.id - PT Pertamina (Persero) bersama dengan perusahaan asal Jepang, Nippon Export and Investment Insurance (NEXI) melakukan kerja sama untuk mempercepat inisiatif transisi energi kedua negara.

Kesepakatan kerja sama ini ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) di Forum Ekonomi ASEAN-Jepang.

Sebagai informasi, dengan adanya kesepakatan kerja sama ini Pertamina dan NEXI akan mengeksplorasi potensi pemanfaatan asuransi NEXI dalam proyek terkait transisi energi dan berkolaborasi untuk memanfaatkan sumber energi dan teknologi yang beragam.

"Tujuan MoU ini adalah membentuk kerangka kerja yang mendukung perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Jepang memfasilitasi transisi energi, dan memperkuat kerja sama dalam memenuhi kebutuhan pendanaan Pertamina," kata Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini dalam keterangannya yang dikutip pada Minggu, (17/12).

Emma menyatakan kerja sama ini menjadi langkah strategis Pertamina dalam mencapai operasi karbon yang lebih rendah dan sumber energi terbarukan.

Dia berharap, kolaborasi dengan NEXI dapat mengatasi kendala pendanaan serta mendukung target pemerintah mencapai Net-Zero Emission (NZE).

Sementara itu, Managing Executive Officer dan BoD di NEXI Kazuki Hondo berharap kerja sama dapat mengatasi peningkatan permintaan energi di Indonesia.  

"Dengan memanfaatkan rekam jejak proyek Pertamina dan hubungan bilateral yang kuat dengan Jepang, asuransi perdagangan dan fasilitas kredit NEXI siap meningkatkan aktivitas investasi dalam transisi energi, sejalan dengan tujuan lebih luas dari Asia Zero Emission Community dan gerakan global menuju sistem energi yang berkelanjutan dan rendah karbon," tukas Kazuki. 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.