Note

Harga emas mungkin turun, tetapi tren kenaikannya tetap ada

· Views 53

Harga emas mungkin turun, tetapi tren kenaikannya tetap ada

Para investor emas harus memperkirakan tekanan jual lebih lanjut karena pasar telah memperkirakan ekspektasi suku bunga secara berlebihan. Meskipun penurunan suku bunga akan menyebabkan kenaikan harga emas, potensi pelonggaran pada bulan Maret mungkin terlalu dini. Pasar emas tidak menilai potensi pergeseran kebijakan moneter dengan baik.

Emas naik di tengah ketegangan geopolitik, mendukung permintaan untuk aset-aset safe haven. Selain itu, ekspektasi penurunan suku bunga mendorong kenaikan ini. Meskipun sudah jelas bahwa langkah Federal Reserve selanjutnya adalah penurunan suku bunga, hal ini tidak akan segera terjadi.

Selanjutnya, dinamika harga emas terutama akan dipengaruhi oleh kondisi pasar tenaga kerja AS dalam waktu dekat. Tingkat pengangguran yang meningkat dapat mendorong Federal Reserve untuk menyesuaikan diri dengan ekspektasi pasar.

Menurut CME FedWatch Tool, terdapat probabilitas lebih dari 60% untuk kenaikan suku bunga pada bulan Maret, diikuti oleh rencana penurunan pada bulan Mei.

Namun demikian, jika Federal Reserve atau Bank Sentral Eropa menurunkan suku bunga pada paruh pertama tahun baru dan penurunan ini terlalu dini, harga akan turun. Dalam skenario ini, emas akan menguat sekitar $2.100 per troy ons hanya pada paruh kedua tahun 2024 ketika Federal Reserve mulai secara konsisten menurunkan suku bunga.

Karena investor mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga spekulatif yang tajam, perlu dicatat juga bahwa level kritis yang perlu diperhatikan adalah $2.000 per ons.

Indikator teknikal pada grafik harian tampak bearish meskipun indikator fundamental mendukung kenaikan. Karena ketegangan geopolitik dan data ekonomi utama AS, termasuk laporan NFP pekan ini, volatilitas logam mulia dapat meningkat. Harga dapat berada di sekitar $2.000 per ons.

Namun, meskipun mungkin ada pelemahan sementara di pasar emas dalam waktu dekat, terdapat potensi yang signifikan bagi logam mulia ini di tahun 2024. Prospek optimis berasal dari tren penurunan inflasi yang akan mengarah pada penurunan suku bunga Fed.

Mata rantai yang hilang di pasar emas tetaplah permintaan investasi Barat. Menurut World Gold Council, meskipun harga emas mencapai rekor tertinggi baru, investasi pada produk yang diperdagangkan di bursa yang didukung emas tetap lemah.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.