Note

Bursa Karbon Sepi, Singapura Naikan Pajak Karbon Jadi 80 Dolar Singapura Per Metric Ton

· Views 115

Pasardana.id - Di Indonesia, minat pelaku usaha untuk turut serta meramaikan bursa karbon kian meningkat seiring dengan akan diterapkan pajak karbon pada tahun 2026.

Menurut Direktur IDXCarbon, Jeffrey Hendrik bahwa jumlah Pengguna Jasa Bursa Karbon (PJBK) saat ini tercatat mencapai 33, melonjak dibanding saat peresmian bursa karbon pada tanggal 26 September 2023 yang hanya 15 PJBK.

“Sekarang kami juga telah menerima 24 entitas yang mengajukan diri sebagai PJBK,” kata dia dalam seminar daring, Selasa (21/11/2023).

Ia menambahkan, dari sisi volume, IDXCarbon mencatakan 468 ribu ton karbondioksida sampai dengan tanggal 20 November 2023.

“Nilai transaksi bursa karbon kita juga jauh lebih tinggi dibanding bursa karbon Malaysia dan Singapura yang hanya 160 ribu ton Co2,” ungkap dia.

Sementara itu, Country General Councel MetaVerse Green Exchange, Charya Rabindra Lukman menyatakan, bursa karbon akan makin marak seiring dengan penerapan pajak karbon pada tahun 2026.

“Pajak karbon adalah tentang melindugi ambisi iklim Indonesia dengan melakukan investasi hijau yang berkelanjutan bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia,” terang dia.

Sebagai perbandingan, Charya mengungkapkan, Uni Eropa juga akan menerapkan pajak karbon pada tahun 2026.

Ia bilang, Uni Eropa akan mengenakan pajak karbon atas selisih ambang batas emisi karbon kepada industri Baja, Semen, Aluminium, Bahan Kimia dan Lisrik.

“Importir Uni-Eropa dan Produsen non Uni Eropa akan dikenakan 75 Euro per metric ton dan akan mencapai 100 Euro pada tahun 2030,” ungkap dia.

Di sisi lain, dia menceritakan, pemerintah Singapura baru saja menaikan pajak karbon 5 kali lipat atau 25 Singapura Dolar per metric ton di tahun 2024 menjadi 50 - 80 Singapura Dolar per metric ton.

“Kenaikan itu, karena pajak karbon rendah dari harga kredit karbon berkualitas, sehingga perusahaan Singapura lebih memilih bayar pajak karbon,” terang dia.  

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.