Note

Pengelola Investasi Reksa Dana Terbesar Dunia, Vanguard Mendominasi

· Views 81
Pengelola Investasi Reksa Dana Terbesar Dunia, Vanguard Mendominasi
Pengelola Investasi Reksa Dana Terbesar Dunia, Vanguard Mendominasi. (Foto: Freepik)

IDXChannel - Aset bersih pengelola investasi reksa dana dan Exchange Traded Fund (ETF) global pada 2022 mencapai USD38 triliun. Meskipun ukurannya sangat besar, industri ini didominasi oleh sejumlah kecil perusahaan investasi.

Dilansir dari Visual Capitalist, Kamis (12/10/2023), manajer investasi reksa dana dan ETF terbesar dunia di 2022 adalah Vanguard dengan aset bersih sebesar USD6,6 triliun yang setara dengan Rp102.960 triliun (kurs Rp15.600 per dolar).

Baca Juga:
Pengelola Investasi Reksa Dana Terbesar Dunia, Vanguard Mendominasi 5 Tips Rahasia Investasi Jack Bogle: Cuan dengan Reksa Dana Indeks ala Pendiri Vanguard

Perlu diketahui, mengutip website idx.co.id, ETF adalah reksa dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif yang unit penyertaannya diperdagangkan di Bursa Efek.

Berikut 10 perusahaan investasi reksa dana dan ETF terbesar berdasarkan aset bersih serta tingkat pertumbuhan organiknya. (Lihat tabel di bawah.)

Baca Juga:
Pengelola Investasi Reksa Dana Terbesar Dunia, Vanguard Mendominasi BlackRock Umumkan Rencana PHK, Ratusan Karyawan Terancam

Pengelola Investasi Reksa Dana Terbesar Dunia, Vanguard Mendominasi

Catatan saja, tingkat pertumbuhan organik mengukur perubahan arus bersih, yang mencerminkan pertumbuhan terkait upaya pemasaran dan bukan kinerja pasar dana penyedia.

Baca Juga:
Pengelola Investasi Reksa Dana Terbesar Dunia, Vanguard Mendominasi 10 Perusahaan Top Dunia Masuk Portofolio Blackrock, Apple Nomor Satu

Vanguard dan iShares besutan raksasa investasi BlackRock terus mendominasi dengan menyumbang 25 persen dari aset bersih reksa dana dan ETF secara global. Keduanya mengalami arus masuk bersih, meskipun tingkat pertumbuhan iShares jauh lebih tinggi. iShares mengumpulkan USD222 miliar atau senilai Rp3.463 triliun, jumlah ini dua kali lipat lebih besar dari yang diterima Vanguard.

State Street, manajer investasi reksa dana terbesar kelima, adalah satu dari tiga merek dalam daftar yang mengalami arus masuk bersih. Perusahaan ini mengelola SPDR S&P 500 ETF, yang merupakan ETF terbesar di dunia. Hal ini menjadikan State Street menjadi pilihan utama bagi para investor ritel pada awal 2023.

Di urutan dua terbawah dari 10 reksa dana terbesar adalah T. Rowe Price dan Franklin Templeton. Dua manajer investasi ini mengalami arus keluar bersih selama dua tahun berturut-turut. T. Rowe Price dan Franklin Templeton berfokus pada manajemen aktif, sebuah strategi yang dirancang untuk mengungguli pasar secara umum melalui keputusan manajer investasi. (ADF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.