Note

Perbaikan Trainset LRT Jabodebek Ditargetkan Rampung pada November 2023

· Views 85

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA akan segera merampungkan perbaikan dua rangkaian kereta (trainset) LRT Jabodebek yang sempat kecelakaan pada Oktober 2021 lalu di Cibubur, Jakarta Timur.

Direktur Utama INKA Eko Purwanto menargetkan dua trainset LRT ini akan tiba di Depo LRT Jabodebek di Bekasi Timur pada November 2023. Adapun saat ini pihaknya tengah melaksanakan uji statis pada dua trainset LRT tersebut.

"Masih tetap on schedule. Jadi sekarang November ini selesai. Saat ini sudah tinggal uji statis, sama melengkapi beberapa yang sedang dikerjakan INKA," ujarnya setelah Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (19/9/2023).

Jika dua trainset ini selesai diperbaiki, maka LRT Jabodebek akan memiliki 31 trainset dimana 27 trainset akan dioperasikan setiap harinya dan 4 trainset akan menjadi cadangan.

Baca juga: Tarif Promo LRT Jabodebek Rp 5.000 Bakal Berakhir, Operator Yakin Penumpang Tetap Ramai

Sebelumnya, Manager Public Relations Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo menyebut dua rangkaian LRT yang diperbaiki INKA akan diserahterimakan pada September 2023.

"Masih ada dua trainset kita yang posisinya masih ada di INKA dan itu baru nanti diserahkan kepada kami di akhir September," ujarnya di sela trial run LRT Jabodebek, Kamis (6/7/2023).

Artinya, pada saat LRT Jabodebek diresmikan pada 28 Agustus lalu, keseluruhan trainset masih belum siap.

Meski perbaikan dua rangkaian kereta tidak dapat rampung saat diresmikan, Kuswardojo memastikan hal ini tidak akan memengaruhi operasional LRT Jabodebek saat sudah beroperasi penuh.

Baca juga: Jadwal Terbaru LRT Jabodebek, Waktu Tunggu Makin Singkat

Pasalnya, LRT Jabodebek hanya membutuhkan 27 rangkaian kereta saat beroperasi penuh. Sementara saat ini sudah tersedia 29 rangkaian kereta yang siap dioperasikan.

Dengan demikian, tanpa dua rangkaian kereta yang sedang diperbaiki pun LRT Jabodebek masih tetap bisa melayani penumpang secara maksimal dan masit memiliki dua rangkaian kereta cadangan yang bisa digunakan dalam kondisi darurat.

"Tapi tidak perlu khawatir karena memang pada saat full operasi pun kita maksimal hanya akan menjalankan 27 trainset," ucapnya.

Baca juga: Animo Masyarakat Tinggi, Kemenhub Berencana Tambah Trainset LRT Jabodebek Jadi 16

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.