Note

Erick Thohir Angkat Agus Martowardojo dan Arcandra Tahar Jadi Komisaris PLN

· Views 146

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengubah susunan direksi dan komisaris PT PLN (Persero). Terdapat pengangkatan satu direksi dan dua komisaris.

Perubahan tersebut ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN yang dilaksanakan pada hari ini, Rabu (20/9/2023).

Dalam RUPS ditetapkan pengangkatan Suroso Isnandar sebagai Direktur Manajemen Risiko PLN. Sebelumnya, Suroso menempati jabatan Kepala Satuan Digital dan Teknologi Informasi PLN.

Kemudian pemegang saham menyepakati pemberhentian dengan hormat Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen, dan Alex Iskandar Munaf sebagai Komisaris Independen.

Selanjutnya, posisi keduanya digantikan oleh Agus Dermawan Wintarto Martowardojo sebagai Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen, serta Arcandra Tahar sebagai Komisaris Independen.

Baca juga: Agus Martowardojo Resmi Jadi Komisaris GoTo

Erick Thohir diwakili Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata mengatakan, pergantian susunan direksi dan komisaris dan dilakukan untuk meningkatkan kinerja perusahaan, khususnya dalam menjalankan transisi energi.

"PLN ini jantungnya Indonesia. PLN memiliki peran vital dalam transisi energi, untuk itu kami ingin melanjutkan dan memperkuat transformasi agar PLN bisa semakin lincah dalam melakukan transisi energi," ucap Tedi dalam keterangan tertulis, Rabu (20/9/2023).

Baca juga: Arcandra Tahar Resmi Jadi Komisaris Utama PGN

Ia juga menyampaikan apresiasi atas dedikasi yang telah diberikan oleh Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama yang dinilai telah mampu memberikan banyak masukan strategis kepada jajaran direksi, sehingga membuat transformasi PLN berjalan baik.

"Ke depan, dengan hadirnya Pak Agus (sebagai Komut PLN), kami di Kementerian BUMN berharap dapat mengawal kinerja agar terus semakin tumbuh dan mampu menjawab tantangan ke depan," kata Tedi.

Baca juga: Amien Sunaryadi, Mantan Wakil Ketua KPK yang Ditunjuk Jadi Komisaris Utama PLN

 


Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pihaknya menyambut baik kehadiran jajaran direksi dan komisaris baru PLN.

Ia menuturkan, dengan adanya perubahan ini PLN berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dan menjalankan transisi energi demi memastikan kehidupan yang lebih baik.

"Dengan hadirnya komisaris dan direksi baru, kami yakin akan meningkatkan kinerja kami, khususnya dalam melakukan transisi energi untuk mencapai target net zero emissions (NZE) pada 2060," kata Darmawan.

Baca juga: DPR Tolak Rencana Suntikan Dana Rp 10 Triliun untuk PLN

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.