Note

Peristiwa Sejarah 20 September: Festival Film Cannes Pertama hingga Ferdinand Magellan Berlayar ke Maluku

· Views 148
Peristiwa sejarah hari ini 20 September, di antaranya Ferdinand Magellan memulai misi pelayaran menuju Maluku untuk mencari rempah-rempah.

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah peristiwa sejarah hari ini 20 September, di antaranya Ferdinand Magellan memulai misi pelayaran menuju Maluku yang kaya akan rempah-rempah. Selain itu pada tanggal ini, Festival Film Cannes diselenggarakan untuk pertama kali.

Peristiwa sejarah 20 September lainnya, Badai Maria memorak-porandakan Puerto Riko menewaslan ribuan orang. 

Berikut peristiwa sejarah hari ini 20 September, dikutip dari berbagai sumber: 

1. 20 September 1870: Roma Dikuasai Italia

Roma berhasil dikuasai Italia pada 20 September 1870. Peristiwa ini mengakhiri sejarah Negara Kepausan yang telah ada sejak 756 M, saat itu dipimpin Paus Pius IX. 

Roma pun menjadi bagian Kerajaan Italia dan kemudian berstatus sebagai ibu kota negara. Hari bersejarah bagi masyarakat Italia tersebut diperingati secara luas. 

Tak hanya itu, sejumlah jalan di banyak daerah dinamakan Via XX Settembre, mengacu pada peristiwa pada 20 September tersebut.

2. 20 September 2017: Badai Maria Terjang Puerto Riko

Badai Maria menerjang Puerto Riko pada 20 September 2017. Dengan kecepatan angin 241 km per jam, Badai Maria menghancurkan seantero pulau serta memutus pasokan listrik dan jaringan telepon seluler. 
Akibat kejadian tersebut, sebanyak 2.975 orang tewas. Kerugian ditaksir sebesar 90 miliar dolar AS. 

Sebagian besar korban meninggal dunia akibat layanan kesehatan buruk serta minimnya pasokan air bersih dan listrik. Jumlah korban tersebut baru diumumkan pemerintah setempat setahun setelah kejadian, berdasarkan temuan investigasi lembaga independen. 

Sebelumnya, pemerintah menyatakan korban tewas berjumlah 64 orang. 

3. 20 September 1946: Festival Film Cannes Digelar Pertama Kali

Festival Film Cannes dilangsungkan untuk pertama kali pada 20 September 1946. Semula, festival film tersebut direncanakan pada 1939, namun tertunda karena Perang Dunia II. 

Festival Film Cannes digelar rutin setiap tahun di kota resor Cannes, French Riviera, Prancis, dan hingga kini menjadi ajang festival film internasional bergengsi di dunia.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.