Note

Nilai Transaksi Digital Banking Tembus Rp13.827 Triliun di Triwulan I-2023

· Views 213
Nilai Transaksi Digital Banking Tembus Rp13.827 Triliun di Triwulan I-2023 Digital Banking tembus Rp13.827 triliun. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyampaikan bahwa kinerja transaksi ekonomi dan keuangan digital tetap kuat pada triwulan II 2023.

Nilai transaksi digital banking tercatat Rp13.827 triliun atau tumbuh sebesar 11,6% (yoy). Nominal transaksi QRIS juga menunjukkan pertumbuhan sebesar 104,64% (yoy) sehingga mencapai Rp49,65 triliun.

BACA JUGA:
Nilai Transaksi Digital Banking Tembus Rp13.827 Triliun di Triwulan I-2023Penyaluran Kredit Perbankan Naik pada Agustus 2023

Pertumbuhan transaksi digital banking dan QRIS ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin antusias menggunakan layanan perbankan digital. Hal ini didukung oleh beberapa faktor, antara lain:

1. Peningkatan penetrasi internet dan smartphone

Peningkatan penetrasi internet dan smartphone di Indonesia telah membuka akses masyarakat terhadap layanan perbankan digital. Masyarakat kini dapat dengan mudah mengakses layanan perbankan melalui perangkat mobile.

BACA JUGA:
Nilai Transaksi Digital Banking Tembus Rp13.827 Triliun di Triwulan I-2023Perdagangan BEI dan Layanan Bank Indonesia Besok Libur, Berikut Jadwal Lengkapnya   

2. Kemajuan teknologi

Teknologi perbankan digital terus berkembang pesat, sehingga menawarkan berbagai kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah. Nasabah dapat melakukan berbagai transaksi perbankan dengan mudah dan cepat, kapan saja dan di mana saja.

3. Kebijakan pemerintah

Pemerintah juga telah memberikan dukungan terhadap pengembangan layanan perbankan digital, antara lain melalui program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Program ini bertujuan untuk mendorong masyarakat untuk menggunakan transaksi non tunai, termasuk melalui layanan perbankan digital.

Pertumbuhan tersebut sebenarnya memiliki beberapa manfaat bagi masyarakat dan perekonomian Indonesia, antara lain:

1. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas transaksi

Layanan perbankan digital dapat membantu masyarakat untuk melakukan transaksi dengan lebih efisien dan efektif. Nasabah tidak perlu lagi membawa uang tunai atau kartu debit/kredit untuk melakukan transaksi.

2. Meningkatkan inklusi keuangan

Layanan perbankan digital dapat membantu meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Masyarakat yang tidak memiliki akses ke perbankan konvensional dapat memanfaatkan layanan perbankan digital untuk melakukan transaksi keuangan.

3. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi

Layanan perbankan digital dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Transaksi digital dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing.

Chief Digital Business Officer MNC Bank, Yudistira Ardhi Prastono menyampaikan bahwa antusiasme masyarakat terhadap layanan perbankan digital juga didorong oleh kehadiran berbagai aplikasi layanan perbankan digital yang menawarkan berbagai fitur unggulan. Salah satunya adalah MotionBank, aplikasi layanan perbankan digital dari MNC Bank.

Fitur-fitur unggulan MotionBank ini semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi perbankan secara digital, kapan saja dan di mana saja. Hal ini turut mendorong pertumbuhan transaksi digital banking dan QRIS di Indonesia. Berikut adalah beberapa fitur unggulan MotionBank yang dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat:

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.