Note

KAI Beli KRL Baru dari INKA dan Jepang, Mana yang Lebih Murah?

· Views 142

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan memenuhi kebutuhan armada KRL Jabodetabek salah satunya dengan membeli kereta baru dari PT Industri Kereta Api (Persero) dan impor dari Jepang.

Adapun rinciannya, KAI akan membeli KRL baru dari INKA sebanyak 24 rangkaian kereta (trainset) dan 3 trainset dari Jepang selama 2023-2027. Selama periode yang sama, KAI juga akan melakukan peremajaan atau retrofit 19 trainset lama ke INKA.

"Dari kebutuhan kami atas sarana 24 trainset, 19 trainset retrofit, ditambah 3 impor baru dari Jepang, kami membutuhkan total kebutuhan capex kami dari tahun 2023-2027 sebesar Rp 8,65 triliun," ujar Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha KAI John Robertho saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (19/9/2023).

Untuk tahun ini PT KAI akan melakukan retrofit sebanyak 4 trainset. Kemudian pada 2024 KAI akan melakukan pembelian baru 3 KRL impor dari Jepang sekaligus melakukan retrofit 4 trainset.

Baca juga: Kemenhub Pastikan Impor KRL Baru Tidak Berdampak ke Pemberian Subsidi Tarif

Selanjutnya pada 2025 KAI akan membeli 8 trainset dari INKA dan retrofit 4 trainset, tahun 2026 KAI akan membeli 8 trainset dari INKA dan retrofit 7 trainset, lalu pada 2027 KAI akan membeli 8 trainset dari INKA.

Lantas lebih murah mana harga KRL baru yang dibeli dari INKA dengan impor KRL dari Jepang?

Perbandingan Harga KRL Baru dari INKA dan Jepang

  • Harga KRL Baru dari INKA

John mengatakan, PT KAI membutuhkan biaya sekitar Rp 5,7 triliun untuk pembelian 24 trainset KRL baru dari INKA hingga 2027 secara bertahap.

Rinciannya, harga KRL baru dari INKA sebesar Rp 19,95 miliar per unit dan dalam satu trainset berjumlah 12 unit sehingga harga satu trainset KRL baru buatan dalam negeri ini sebesar Rp 239,37 miliar.

"Untuk kereta baru INKA kita butuh capex sebesar Rp 5,7 triliun," kata dia.

Sebagai pada, pada 9 Maret 2023 PT KAI, PT INKA, dan PT KAI Commuter (KCI) telah menandatangani kontrak pengadaan 16 trainset KRL baru dengan nilai kontrak sebesar Rp 4 triliun.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.