Note

Amunisi Baru BI di Pasar Keuangan

· Views 146

BANK Indonesia (BI) mengeluarkan instrumen baru bernama Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI). SRBI diperkenalkan sebagai instrumen operasi moneter untuk mengelola likuiditas.

Instrumen yang pro pasar ini memiliki underlying aset berupa Surat Berharga Negara (SBN) dan dapat dimiliki oleh non-bank serta diperdagangkan di pasar sekunder.

Respons pasar terhadap penawaran perdana SRBI sangat penting bagi keberhasilan produk tersebut, dan hal ini melampaui semua ekspektasi.

SRBI merupakan instrumen operasi moneter yang diperkenalkan oleh BI untuk mengelola likuiditas di pasar.

Instrumen ini merupakan pilihan investasi menarik yang dapat dimiliki dan diperdagangkan di pasar sekunder oleh non-bank, terutama jika dibandingkan dengan pilihan investasi tradisional lainnya seperti sertifikat deposito di bank.

SRBI diterbitkan sebagai instrumen yang pro pasar dengan aset dasar berupa Surat Berharga Negara (SBN), sehingga menjadi pilihan investasi yang aman dan terpercaya bagi investor.

Mengelola likuiditas adalah aspek penting dalam perekonomian untuk memastikan stabilitas sistem keuangan.

Penggunaan alat moneter seperti SRBI dapat membantu menarik likuiditas dari pasar bila diperlukan. Tidak hanya dapat dengan mudah diperdagangkan di pasar sekunder.

Fleksibilitas yang ditawarkan SRBI menjadikannya pilihan yang menarik di dunia keuangan. Dengan kemampuannya sebagai instrumen operasi moneter kontraktif, SRBI dapat memainkan peran penting dalam menjaga ekosistem keuangan yang kuat dan stabil.

Peluncuran SRBI pada 15 September 2023, mendapat respons positif dari pasar. Di saat banyak pasar keuangan sedang kesulitan, sangat menggembirakan melihat SRBI mendapatkan daya tarik dan dukungan dari investor.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.