Note

Waspada "Toxic Leadership" Dalam Lingkungan Kerja

· Views 150

Oleh: Ramos Mangihut Yemima S. dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Setiap orang tentu menginginkan lingkungan kerja yang membangun dan sehat. Dalam menciptakan lingkungan kerja yang ideal, ada peranan penting pemimpin di dalamnya.

Namun, bagaimana jika pemimpin tidak dapat menciptakan lingkungan kerja yang baik? Padahal, ketidaknyamanan sendiri akan berdampak besar bagi performa perusahaan.

Hal serupa juga dibahas oleh Business Coach, Tom MC Ifle, dalam siniar CUAN episode “10 Tanda Toxic Leadership” dengan tautan akses s.id/CUANToxic. Tom berbicara tentang toxic leadership dan sifat-sifatnya yang berpotensi mempengaruhi masa depan bisnis.

Mengenal Toxic Leadership

Melansir Leadership Forces, toxic leadership adalah sosok pemimpin dengan sifat berbahaya yang dapat melukai anggota tim, perusahaan, dan bahkan orang lain di sekitarnya.

Toxic leadership memiliki pengaruh buruk yang sangat besar. Dilansir dari LinovHR, pemimpin yang toxic sangat mungkin menciptakan kondisi tim yang penuh konflik dan tidak kondusif.

Hal ini dapat terlihat dari kurangnya komunikasi yang jelas antara karyawan, perlambatan kinerja tim, dan hal-hal negatif lainnya.

Sangat disayangkan jika sebuah tim berisi anggota-anggota kompeten, harus terhambat kinerjanya karena pemimpin yang tak dapat memposisikan dirinya. Itu sebabnya, pemutusan rantai negatif harus segera dilakukan supaya tercipta lingkungan kerja yang suportif.

Ciri-ciri Toxic Leadership

Lingkungan kerja yang tak sehat tercipta dari pemimpin yang toxic. Oleh karena itu, harus ada kewaspadaan terhadap sifat-sifat negatif itu supaya terhindar dari kehidupan kerja yang melelahkan.

Baca juga: Kekerasan di Tempat Kerja, Penyebab dan Cara Menghadapinya

Dilansir dari BetterUp, ciri-ciri toxic leadership yang destruktif antara lain sebagai berikut.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.