Note

Cara Mengatur Gaji agar Terhindar dari Krisis di Akhir Bulan

· Views 142

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengelola keuangan setelah memiliki penghasilan tetap adalah tantangan tersendiri bagi seorang karyawan.

Salah satu faktor yang membuat banyak pekerja kesulitan untuk menemukan cara mengatur gaji yang efektif adalah tidak adanya laporan keuangan pribadi yang jelas.

Selain itu, kebiasaan untuk belanja secara tidak terkontrol pada tanggal gajian juga bisa menjadi salah satu hambatan untuk memiliki uang yang cukup di akhir bulan.

Mengutip dari laman resmi JobStreet, Rabu (20/9/2023), berikut 5 cara mengatur gaji agar terhindar dari krisis keuangan di akhir bulan:

Baca juga: Cara Menjawab soal Gaji Saat Wawancara Kerja

  • Mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran

Salah satu cara untuk mengatur keuangan bulanan secara efektif adalah dengan mengetahui setiap pemasukan dan pengeluaran sehari-hari.

Hal ini mungkin akan terkesan sedikit sulit, namun pastikan kamu menyisihkan waktu setiap harinya untuk memasukkan data pemasukan dan pengeluaran.

Saat ini, ada berbagai macam cara untuk mendata pemasukan dan pengeluaranmu seperti melalui aplikasi pengelola keuangan, melalui aplikasi pengolahan data, atau bahkan sesimpel menggunakan buku catatan.

Memiliki laporan yang lengkap tentang pemasukan dan pengeluaran sehari-hari dapat memudahkanmu untuk menyusun anggaran keuangan setiap bulannya. Selain itu, kamu juga dapat menyadari kategori pengeluaran apa yang bisa kamu hemat atau kamu prioritaskan ke depannya.

  • Memiliki anggaran untuk kebutuhanmu

Setelah mengetahui gambaran pengeluaran sehari-hari dari laporan keuanganmu, langkah selanjutnya yang dilakukan adalah menyusun anggaran untuk kebutuhanmu.

Ketika menyusun anggaran, kamu dapat memprioritaskan pengeluaran-pengeluaran yang paling penting terlebih dulu seperti pembayaran cicilan, asuransi, kartu kredit, serta untuk kebutuhan primer sehari-hari seperti makanan dan kebutuhan rumah tangga.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.