Note

Lahan Sekitar Bandara Rawan Kebakaran akibat Kemarau Panjang, Kemenhub: Warga Jangan Bakar Sampah

· Views 121
Petugas memadamkan api akibat kebakaran di lahan kosong sekitar Bandara Frans Seda Maumere di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. (Foto: dok Kmeenhub)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub)  mengimbau warga yang berada di sekitar bandara untuk tidak membakar sampah. Pasalnya, lahan kosong di sekitar bandar udara (bandara) rawan kebakaran akibat kemarau panjang. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, M. Kristi Endah Murni, mengatakan kemarau panjang dengan angin yang cukup kencang berpotensi menimbulkan kebakara di lahan kosong sekitar bandara yang banyak ditumbuhi rumput dan pohon yang mengering. 

Terkait dengan itu, Kristi mengimbau masyarakat yang tinggal di sekitar bandara untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebakaran, baik yang diakibatkan oleh musim kemarau dan angin kencang atau pun kecerobohan manusia yang membakar sampah sembarangan tanpa memikirkan bahaya dan dampaknya.

Dia mengungkapkan, beberapa kejadian kebakaran di sekitar areal bandara yang terjadi akhir-akhir ini, ada yang terjadi secara alami, ada pula yang terjadi akibat masyarakat membakar sampah. 

Seperti yang terjadi di Bandara Frans Seda Maumere di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, pada 17 September 2023, sekitar pukul 10.30 WITA, di mana ditemukan titik api di luar area bandara berupa lahan pertanian penduduk, dikarenakan tiupan angin yang kencang menyebabkan kebakaran tersebut menyebar hingga masuk ke sisi udara.

Petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PK-PPK) dibantu dengan unit lain kemudian melakukan pemadaman sehingga api dapat dipadamkan sekitar pukul 14.30 WITA. Tidak ada operasional penerbangan yang terdampak akibat kebakaran tersebut.

Sebelumnya juga terjadi insiden kebakaran yang sama di Bandara Tunggul Wulung di Cilacap dan petugas PK-PPK sudah bertindak cepat dalam mengatasi kebakaran di bandara tersebut.

"Oleh karena itu, kami mengimbau seluruh pihak termasuk masyarakat untuk melakukan langkah-langkah pencegahan guna menjaga keselamatan dan keamanan penerbangan. Khusus untuk masyarakat di sekitar bandara, jangan bakar sampah," kata Kristi, dalam keterangan yang dikutip Rabu (20/9/2023). 

Kristi juga mengingatkan untuk berhati-hati dalam menggunakan benda-benda yang berpotensi memicu kebakaran, seperti terutama puntung rokok dan korek api kemudian pastikan bahwa benda tersebut benar-benar berada dalam kondisi padam dan dibuang di tempat yang aman.

"Kami berharap masyarakat dapat mematuhi himbauan ini dan berperan aktif dalam menjaga keselamatan dan keamanan penerbangan. Dengan kerja sama dari semua pihak, kita dapat mengurangi risiko kebakaran dan melindungi operasional penerbangan serta lingkungan sekitarnya," tutur Kristi.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.