Note

Serba-serbi Memulai Investasi Saham untuk Pemula, Mulai dari Persiapan hingga Eksekusi

· Views 64


JAKARTA, KOMPAS.com – Minat investor pasar modal terus tumbuh dari tahun ke tahun. Hal ini membuktikan bahwa investasi saham sangat diminati, terutama bagi investor individu atau ritel.

Namun demikian, minat investasi yang besar saja tidak cukup jika tidak dibarengi dengan pemahaman dan edukasi yang memumpuni. Dengan pemahaman dan edukasi yang cukup, keputusan investasi tentu akan berbuah manis di kemudian hari.

Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan invetor sebelum memulai investasi saham?

Agar keputusan investasi tidak disesali di kemudian hari, sebaiknya investor perlu mempersiapkan beberapa hal sebagai berikut:

Baca juga: Begini Cara Memulai Investasi Saham pada Indeks LQ45

  • Mengenal istilah-istilah saham

Salah satu persiapan sebelum investasi saham adalah memahami istilah di pasar modal dan juga ragam jenis analisis teknikal. Seperti, cut loss, taking profit, buy on weakness, hold dan lain sebagainya.

  • Melakukan analisis risiko

Analisis risiko penting dilakukan untuk mengukur seberapa besar kerugian yang mampu diterima atas keputusan investasi. Dengan analisis risiko yang baik, investor bisa meminimalisir kerugian pada investasinya.

  • Menetapkan tujuan investasi

Tentunya segala keputusan harus memiliki tujuan yang tepat. Tetapkan tujuan investasi kamu, apakah jangka panjang, pendek atau menengah. Dengan begitu, kamu bisa memilih instrumen yang tepat untuk mendukung terlaksananya tujuan kamu.

  • Mempersiapkan dana


Hal lain yang tidak kalah penting, mempersiapkan dana untuk investasi. Dalam berinvestasi, kamu harus menggunakan uang dingin atau uang nganggur. Pastikan pos – pos pengeluaran prioritas kamu tidak terganggu, agar investasi kamu tidak sia-sia.

  • Memilih penyedia investasi/platform

Marak platform-platform trading tidak terdaftar atau ilegal. Kamu harus berhati-hati saat akan melakukan investasi dan transaksi pada platform yang tidak berizin, karena banyak kasus, dana-dana investasi yang sudah ditanamkan menguap begitu saja.

Perencana Keuangan dan Head Advisory & Investment PINA Rista Zwestika mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan masyarakat sebelum mulai investasi. Untuk itu, ia mengingatkan pentingnya melakukan penelitian dan mengambil keutusan investasi yang bijaksana.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.