Note

Harga Minyak Dunia Cetak Kinerja Bulanan Terbaik sejak Januari 2022

· Views 82

Bisnis.com, JAKARTA – Harga minyak mentah menguat lampaui level US$80 per barel. Harga minyak menuju kenaikan bulanan terbesarnya dalam lebih dari setahun di tengah tanda-tanda pengetatan pasar.

Berdasarkan data Bloomberg pada Senin (31/7/2023), pukul 14.30 WIB, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) naik 0,01 persen ke level US$80,59 per barel, sementara minyak Brent melemah 0,14 persen ke posisi US$84,87 per barel.

Minyak WTI tertahan di atas US$80 per barel setelah lima kenaikan mingguan yang mengangkat harga ke level tertinggi sejak April 2023. Patokan minyak mentah AS telah naik hampir 14 persen bulan ini, menempatkannya di jalur kenaikan terbesar sejak Januari 2022. Ini adalah kinerja terbaik untuk bulan Juli dalam hampir dua dekade.

“Rekor permintaan tinggi dan pemotongan pasokan Saudi telah membawa kembali defisit,” kata analis Goldman Sachs Group Inc. termasuk Daan Struyven dan Yulia Zhestkova Grigsby, mengutip Bloomberg, Senin (31/7/2023)

Prediksi analis Goldman menegaskan kembali perkiraan untuk target Brent di US$86 per barel pada Desember 2023. Mereka menilai pasar telah meninggalkan pesimisme.

Serangkaian kenaikan minyak berarti kontrak berjangka di New York telah menghapus kerugian tahun ini, dengan harapan bahwa Federal Reserve hampir mengakhiri siklus pengetatan moneternya juga membantu sentimen karena dolar AS melemah.

Data ketenagakerjaan AS yang bakal dirilis minggu ini kemungkinan akan menandakan prospek permintaan yang sehat, sementara importir utama China melanjutkan stimulus untuk meningkatkan ekonominya.

Pengurangan pasokan dari OPEC+ yang menjadi kunci utama Arab Saudi dan Rusia telah meningkatkan prospek minyak mentah. Awal bulan ini, Wakil Perdana Menteri Alexander Novak mengatakan Rusia akan memangkas ekspor minyak mentah sebesar 500.000 barel per hari pada Agustus, dengan Arab Saudi juga memperpanjang pembatasan pasokannya bulan depan.

Data dari China menunjukkan manufaktur mengalami kontraksi untuk bulan keempat di bulan Juli 2023, sementara non-manufaktur berkembang lebih lambat dari yang diharapkan. Pejabat dari Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China dan kementerian lainnya akan mengadakan pengarahan pada Senin malam untuk menguraikan langkah-langkah memperluas konsumsi.

Para spekulan telah meningkatkan taruhan bullish di seluruh komoditas energi karena harga minyak mentah menembus target baru-baru ini. Secara teknikal, gabungan posisi net long pada WTI dan benchmark global Brent telah membengkak ke level tertinggi dalam tiga bulan.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.