Note

Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, Senin 31 Juli 2023

· Views 85

Bisnis.com, JAKARTA — Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat hari ini, Senin (31/7/2023) diprediski berfluktuasi namun akan ditutup melemah usai mayoritas bank sentral global memutuskan untuk mengerek suku bunga acuan.

Pada perdagangan Jumat (28/7/2023) pekan kemarin, rupiah ditutup melemah 0,70 persen atau turun 105 poin sehingga parkir di Rp15.105 per dolar AS. Sementara itu, indeks dolar menguat 0,22 persen atau naik 0,22 poin ke 101,76 dibandingkan dengan posisi pembukaan 101,46.

Di kawasan Asia Pasifik, mayoritas mata uang bergerak di teritorial negatif dengan kenaikan tertinggi dialami yuan China sebesar 0,08 persen. Kemudian disusul won Korea Selatan yang menguat 0,04 persen terhadap greenback.

Ringgit Malaysia menjadi mata uang dengan koreksi terdalam di kawasan Asia yakni melemah sebesar 0,75 persen. Kemudian disusul dolar Taiwan yang melemah 0,65 persen. Yen Jepang juga melemah 0,35 persen dan peso Filipina melemah 0,58 persen.

Direktur Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi dalam riset menyebutkan bahwa dolar menguat setelah rilis data terbaru memperlihatkan bahwa ekonomi Amerika Serikat tumbuh lebih cepat dari yang diharapkan pada kuartal kedua. Hal ini mengindikasikan bahwa risiko resesi makin kecil pada paruh kedua tahun ini.menunjukkan kemungkinan resesi makin kecil pada paruh kedua tahun ini.

Dengan sinyal tersebut, The Fed kemungkinan akan melanjutkan kebijakan kenaikan suku bunga pada pertemuan selanjutnya. Hal ini lantas membuat trader menjadi lebih waspada menjelang rilis indeks pengeluaran konsumsi pribadi Juni yang merupakan salah satu acuan inflasi yang dipakai The Fed.

Dari Asia, Bank of Japan pada Jumat menerapkan kebijakan kontrol kurva imbal hasil yang lebih fleksibel. Hal ini memungkinkan imbal hasil 10 tahun bergerak 0,5 persen di sekitar target 0 persen. Imbal hasil JGB 10-tahun melonjak menjadi 0,575 persen untuk pertama kalinya sejak September 2014 sebelum sedikit menurun menjadi 0,547 persen, sementara yen berayun antara kenaikan lebih dari 1 persen terhadap dolar dan kerugian 1,2 persen karena para pedagang mencerna konsekuensi potensial.

Dari dalam negeri, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan insentif terhadap eksportir yang menempatkan devisa hasil ekspor (DHE) di sistem keuangan Indonesia. Hal ini tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) 36 tahun 2023 tentang DHE yang baru diterbitkan.

Dalam PP 36 tahun 2023 tentang DHE tersebut terdapat fasilitas tambahan yaitu insentif perpajakan dan pemberian status eksportir bereputasi baik dan insentif lain yang dapat dikeluarkan oleh kementerian/lembaga lain.

Lebih lanjut, Kemenkeu memberikan insentif fiskal, sehingga penempatan DHE SDA di sistem keuangan Indonesia bisa makin memperkuat stabilitas sistem keuangan indonesia dengan adanya penempatan DHE.

Dengan melihat serangkaian sentimen di atas, Ibrahim memperkirakan rupiah akan dibuka fluktuatif hari ini, Senin (31/7), tetapi ditutup melemah di rentang Rp15.080—Rp15.150 per dolar AS.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.