Note

Pemulihan Ekonomi Tersendat, Manufaktur China Lanjut Kontraksi

· Views 93

Pada hari Rabu (31/Mei), Biro Statistik Nasional China merilis data PMI Manufaktur yang melanjutkan trend negatif dengan berada di level 48.8. Angka ini berada dibawah ekspektasi 49.4 sekaligus melanjutkan kontraksi dari bulan sebelumnya pada 49.2. Sektor manufaktur China telah menyusut selama dua bulan berturut-turut yang ditandai indeks berada dibawah ambang 50.0 atau mengonfirmasi terjadinya penyusutan aktivitas industri disana.

Pemulihan Ekonomi Tersendat, Manufaktur China Lanjut Kontraksi

Memburuknya kontraksi pada sektor manufaktur China sebagian besar disebabkan oleh penurunan pada beberapa komponen. Sub-indeks pesanan baru (New orders) tercatat merosot dari 48.8 menjadi 48.3 di bulan Mei. Sedangkan sub-indeks pesanan ekspor turut mengalami penurunan dari 47.6 menjadi 47.2 yang mengindikasikan berlanjutnya pelemahan permintaan dari luar negeri.

Sementara itu, data PMI non-Manufaktur China ikut menurun dari 56.4 menjadi 54.5 pada bulan Mei. Kendati sektor jasa masih dalam kondisi ekspansi, tetapi laju perkembangannya terus melambat yang mencerminkan konsumen mulai menahan pengeluaran mereka pada industri layanan.

Pada kuartal pertama, sektor manufaktur China mendapat dorongan signifikan yang ditandai dengan ekspansi yang cukup impresif setelah resmi mecabut kebijakan pengetatan Covid pada bulan Januari. Namun, momentum pemulihan ekonomi China seakan kehabisan tenaga ketika memasuki kuartal kedua. Sejumlah komponen utama seperti belanja konsumen dan properti hingga saat ini terus berjuang untuk pulih setelah terperosok tajam dalam tiga tahun terakhir akibat pandemi.

Kondisi semakin diperparah oleh meningkatnya pengangguran usia muda ketika terjadi peralihan kelompok anak-anak menjadi usia produktif yang belum mendapatkan pekerjaan. Di samping itu, penjualan ritel yang belum sepenuhnya solid dan output industri yang mengecewakan terus membayangi pemulihan ekonomi China pada kuartal II/2023.

Data PMI Manufaktur yang dirilis hari ini merupakan versi resmi dari pemerintah  yang mengukur aktivitas industri besar. Pelaku pasar masih menantikan publikasi survey PMI Caixin pada hari Kamis yang menyasar industri skala kecil menengah China. Investor biasanya menggunakan gabungan data PMI pemerintah dan swasta untuk mengukur secara keseluruhan sektor manufaktur China.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.