Note

Investor Sesuaikan Posisi Akhir Bulan, Harga Emas Melonjak

· Views 107

Seputarforex - Harga emas rebound di sesi perdagangan Selasa (30/Mei) malam. Emas spot naik 0.6% ke $1,954.09 per ounce, yang sebelumnya sempat menyentuh level terendah sejak 17 Maret. Emas futures naik 0.5% ke $1,953.10. Grafik XAU/USD menunjukkan kenaikan hampir 1% ke $1,962.48.

Investor Sesuaikan Posisi Akhir Bulan, Harga Emas Melonjak

Optimisme pasar akan tercapainya negosiasi pagu utang AS kini berbalik memperkuat harga logam mulia. Para trader melakukan repricing, sehingga Dolar AS melorot dari level tinggi 10 pekan dan memicu aksi beli emas malam ini.

Kesepakatan sementara soal pagu utang akan digodok lebih lanjut ke Kongres dan meningkatkan optimisme akan terhindarnya default. Pengunduran tenggat waktu kesepakatan utang dari MenKeu AS, yang semula tanggal 1 Juni menjadi 5 Juni, juga memperbesar peluang untuk tercapainya kesepakatan.

Sedangkan menurut Jim Wyckoff, analis dari Kitco Metals, penyesuaian posisi yang umum dilakukan oleh para investor di akhir bulan, turut berkontribusi pada penguatan harga emas malam ini. Para Fund Manager tengah mengambil untung dari posisi short, serta melakukan buyback. Artinya, kenaikan kemungkinan hanya akan terjadi hari ini dan diikuti dengan rentang yang Sideways atau rendah, hingga ada katalis yang dapat mengubah trend.

Di sisi lain, pasca libur long-weekend kemarin, para trader Amerika Serikat tengah melakukan penilaian terhadap data inflasi PCE Indeks AS. Inflasi bulan Mei terbilang cukup mengejutkan dengan hasil 0.4%, lebih tinggi daripada ekspektasi stagnan dan indeks PCE 0.3% di bulan April. Inflasi yang masih tinggi akan menahan The Fed untuk hawkish. Harga emas cenderung melemah di tengah suku bunga tinggi. Namun, imbas dari tingginya suku bunga boleh jadi akan membuat emas menjadi aset yang bagus untuk safe haven.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.