Note

Memahami Apa itu Literasi Keuangan dan Manfaatnya

· Views 99

Memahami Apa itu Literasi Keuangan dan Manfaatnya

Apa itu Literasi Keuangan?

Menurut Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2023 yang berkaitan dengan peningkatan literasi dan inklusi keuangan di sektor jasa keuangan bagi konsumen dan masyarakat, literasi keuangan merujuk pada pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan yang mempengaruhi sikap dan perilaku dalam meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangan untuk mencapai kesejahteraan finansial.

Dalam hal inklusi keuangan, hal ini berkaitan dengan ketersediaan akses dan pemanfaatan produk dan layanan keuangan yang terjangkau, berkualitas, dan berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan finansial mereka.

Literasi keuangan memiliki sejumlah manfaat yang penting, terutama mengingat adanya kasus-kasus penipuan investasi dan masyarakat yang masih tergoda oleh skema penggandaan uang yang berakhir dengan kerugian finansial bahkan risiko nyawa.

Dengan literasi keuangan yang baik, seseorang akan mampu untuk bertanggung jawab atas setiap pengambilan keputusan karena telah memahami faktor-faktor pendukung untuk mengambil keputusan.

Selanjutnya, dengan memiliki literasi keuangan yang baik, seseorang akan dapat mengambil tanggung jawab penuh terhadap setiap keputusan yang diambil karena mereka memahami faktor-faktor yang mendukung dalam pengambilan keputusan tersebut.

Literasi keuangan memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan kekayaan keuangan. Dengan memiliki literasi keuangan yang memadai, seseorang dapat memilih produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Hal ini memungkinkan mereka untuk memperbaiki tingkat kesejahteraan di masa depan melalui potensi hasil investasi yang optimal.

Bagi masyarakat secara umum, literasi keuangan memberikan manfaat yang signifikan. Mereka dapat memilih dan memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, literasi keuangan memungkinkan mereka untuk merencanakan keuangan dengan lebih baik, sehingga dapat mengelola dan mengatur keuangan mereka dengan lebih efektif. Dengan pemahaman yang baik tentang literasi keuangan, mereka juga dapat menghindari terlibat dalam aktivitas investasi pada instrumen keuangan yang tidak jelas atau berisiko.

 

 

 

Sumber

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.