Note

Kenalan dengan Bloomberg GPT, Simak di Bawah Ini!

· Views 95

Kenalan dengan Bloomberg GPT, Simak di Bawah Ini!

Apa itu BloombergGPT?

BloombergGPT merupakan suatu large language model (LLM) buatan (AI) yang dikembangkan oleh Bloomberg untuk meningkatkan produk keuangannya. LLM adalah program kecerdasan buatan algoritmik yang menggunakan teknik statistik canggih untuk membedah dan memahami bahasa alami.

Model GPT Bloomberg dilatih untuk memproses data keuangan dan menggunakan terminologi unik untuk domain keuangan guna menghasilkan konten yang khusus untuk industri. Menurut siaran pers Bloomberg yang menguraikan beberapa kemampuannya, ia beroperasi pada arsitektur generative pre-trained transformer (GPT).

Arsitektur GPT pembelajaran mendalam autoregresif mengandalkan sejumlah besar data pelatihan untuk mengenali pola kompleks dan aturan tata bahasa dalam bahasa. Hal ini memungkinkan untuk membuat teks yang sangat mirip dengan yang dihasilkan oleh manusia.

Grup model bahasa generative pre-trained transformer pertama kali diperkenalkan oleh OpenAI pada tahun 2018. OpenAI adalah pengembang di balik ChatGPT, chatbot AI populer yang diluncurkan pada November 2022.

Kapasitas ChatGPT untuk mensintesis tanggapan yang koheren dan relevan secara kontekstual terhadap beragam pertanyaan dan topik menarik perhatian dan persetujuan industri teknologi dan seterusnya setelah peluncurannya.

Sejak saat itu, model bahasa GPT semakin populer di kalangan organisasi yang ingin memanfaatkan teknologi AI untuk tugas bahasa. Seperti peringkasan teks, terjemahan bahasa, dan menjawab pertanyaan.

Menurut Bloomberg, model bahasa besar GPT untuk keuangannya dilatih menggunakan kumpulan data publik token senilai 345 miliar. Selain itu, NLP AI dalam kemampuan keuangan divalidasi menggunakan tolok ukur pemrosesan bahasa alami (NLP) yang mencakup standar khusus Bloomberg sendiri dan tolok ukur populer lainnya, seperti BIG-bench Hard, Penilaian Pengetahuan, Pemahaman Membaca, dan Tugas Linguistik.

Menurut perusahaan, model AI yang berfokus pada keuangan akan digunakan untuk menganalisis data keuangan dari repositori perusahaan untuk menarik sentimen dan mengklasifikasikan berita.

Berbeda sekali dengan model bahasa lain seperti ChatGPT, XLM-R dan mBART, BloombergGPT dilatih hanya pada data bahasa Inggris, tanpa paparan data multibahasa. Akibatnya, BloombergGPT hanya dapat menghasilkan teks dalam bahasa Inggris.

Selain itu, akses BloombergGPT akan dibatasi. Menurut perusahaan, model tersebut hanya akan digunakan di dalam Bloomberg dan akan digunakan untuk memproses data dalam jumlah besar di Terminal Bloomberg.

Terminal Bloomberg adalah layanan yang disediakan oleh Bloomberg yang dirancang untuk klien yang mencari wawasan berharga tentang pasar keuangan. Produk ini menawarkan akses ke berita keuangan, analitik, dan alat perdagangan untuk memfasilitasi pengambilan keputusan yang tepat.

 

 

Sumber

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.