Note

Korsel Buka Peluang untuk Ikut-ikutan Mempersenjatai Ukraina

· Views 27
Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol. (Foto: Reuters)

SEOUL, iNews.id – Korea Selatan membuka peluang untuk mempersenjatai Ukraina di tengah konflik negara Eropa Timur itu dengan Rusia. Sebelumnya, Seoul hanya sebatas memberikan bantuan kemanusiaan dan ekonomi kepada Kiev untuk mempertahankan diri dari serangan Moskow.

Presiden Korsel, Yoon Suk Yeol mengatakan, negaranya akan memberikan bantuan militer kepada Ukraina jika terjadi serangan sipil berskala besar di negeri bekas Uni Soviet itu. Pernyataan Yoon tersebut menjadi pertanda pergeseran sikapnya terkait pasokan persenjataan kepada Ukraina untuk pertama kalinya.

Dalam wawancara dengan Reuters, Yoon mengatakan, pemerintahnya telah menjajaki berbagai upaya untuk membantu mempertahankan dan membangun kembali Ukraina. Menurut dia, situasi ini sama seperti ketika Korea Selatan menerima bantuan internasional selama Perang Korea 1950-1953.

“Jika ada situasi yang tidak dapat dimaafkan oleh komunitas internasional, seperti serangan skala besar terhadap warga sipil, pembantaian atau pelanggaran serius terhadap hukum perang, mungkin sulit bagi kami untuk hanya memberikan dukungan kemanusiaan atau keuangan,” kata Yoon.

Ini adalah pertama kalinya Seoul menyatakan kesediaan untuk memberikan senjata ke Ukraina, lebih dari setahun setelah mengesampingkan kemungkinan bantuan mematikan kepada Kiev.

Korsel menjadi salah satu sekutu utama Amerika Serikat di Asia. Negeri ginseng itu juga menjadi produsen utama amunisi artileri. Sejak pecahnya perang di Ukraina, ada tekanan yang meningkat dari negara-negara barat terhadap Seoul untuk mengirimkan pasokan senjata ke Kiev.

Kendati demikian, Korsel sampai sejauh ini berusaha menghindari permusuhan dengan Rusia, lantaran banyak perusahaannya beroperasi di negeri beruang merah. Di samping itu, kuatnya pengaruh Moskow atas Korea Utara juga menjadi pertimbangan Seoul untuk berhati-hati mengambil sikap terkait Ukraina. 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.