Note

2 Lajur Tol Cisumdawu Disiapkan untuk Perlancar Arus Mudik Lebaran 2023

· Views 80
Dua lajur Tol Cisumdawu disiapkan untuk perlancar arus mudik Lebaran 2023

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan dua lajur Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Jawa Barat. Ini dilakukan demi memperlancar arus mudik Lebaran 2023.

"Minggu lalu (Tol Cisumdawu) sudah saya tengok, mudah-mudahan tanggal 14 (April 2023) bisa open. Kalau di tahap awal itu, dua lajur jadi nanti. Misalnya arus mudik dari Bandung dan arus balik ke sini Insya Allah bisa," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (4/4/2023).

Kementerian PUPR membangun Tol Cisumdawu, yang terdiri dari enam seksi. Proyek tersebut dibangun dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi mencapai Rp5,5 triliun.

"Itu sudah tembus dari Cileunyi, sampai ke Cipali, 90 kilometer," ujarnya.

Kendati demikian, dia tidak menyampaikan soal skenario mudik di Tol Cisumdawu apakah juga akan menerapkan sistem one way atau contra flow. 

"Kalau itu nanti yang one way yang atur Korlantas (Polri)," ucap Basuki.

Pemerintah sebelumnya menyatakan, arus kendaraan mudik akan mulai sejak 18 April hingga puncaknya 21 April 2023, dengan perkiraan pemudik mencapai 123,8 juta. Jumlah ini meningkatdibanding tahun lalu sebanyak 85 juta pemudik.

"Sudah siap (sebelum puncak arus mudik)," ujar Basuki.

Sementara itu, Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 kilometer (km) telah beroperasi sejak Januari 2022. Sedangkan pembangunan fisik Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km sudah mencapai 94,7 persen.

Adapun konstruksi Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 km telah selesai 100 persen. Untuk pembangunan Seksi 4 Cimalaka-Legok sepanjang 8,2 km, Seksi 4A telah selesai sebesar 87,93 persen dan Seksi 4B sudah kelar 58 persen.

Selanjutnya Seksi 5 Legok-Ujungjaya sepanjang 14,9 km, konstruksinya sudah selesai 60,9 persen di seksi 5A dan sebesar 63 persen di 5B. Sedangkan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan, untuk 6A telah selesai 98,2 persen dan 6B sudah rampung 100 persen.

Terhubungnya Jalan Tol Cisumdawu akan memberikan peran penting dalam memperlancar arus mudik dari arah Tol Cipali menuju Tol Cisumdawu atau sebaliknya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.