Note

Meski Rebound, Dolar AS Masih Rentan Bearish

· Views 19

Greenback berhasil bangkit dalam dua hari perdagangan terakhir setelah merosot lima hari berturut-turut versus major currencies. Namun, posisi Dolar AS sejauh ini masih rapuh terhadap aksi jual di tengah krisis ketidakpercayaan investor pada sektor perbankan.

Di akhir pekan (24/Maret), Indeks Dolar (DXY) menutup perdagangan dengan kenaikan 0.51 persen ke level 103.11. Dalam lima hari perdagangan terakhir, DXY melemah 0.75 persen. Sementara sejak 1 Maret, Dolar AS tergerus 1.75 persen. Dengan begitu, DXY sejauh ini masih berada di jalur bearish meski baru saja mencetak rebound.

 

Pada time frame Daily, ada beberapa alasan mengapa Greenback rentan bearish dalam jangka pendek. Pertama, fase konsolidasi secara teknis berakhir setelah DXY menutup candle Daily di bawah 104.11 (23.6 persen retracement). Kedua, DXY bergerak di bawah kurva MA-50. Ketiga, indikator RSI berada di teritori negatif.

Meski Rebound, Dolar AS Masih Rentan Bearish
Yang mungkin harus diwaspadai adalah candle pattern Morning Star yang terbentuk selama 3 hari perdagangan terakhir. Pola tersebut tidak terlalu sempurna, sehingga konfirmasi yang dibutuhkan adalah penutupan candlestick Daily setidaknya di atas MA-50.

 

Pada time frame Weekly, level keseimbangan jangka menengah 102.15 (50 persen retracement) sempat terancam. DXY bahkan merosot hingga level 101.91. Tapi buyers USD kemudian merespons dari area tersebut, sehingga candle Weekly gagal menutup posisi di bawah 102.15.

Meski Rebound, Dolar AS Masih Rentan Bearish
Untuk sementara ini, level keseimbangan jangka menengah masih cukup "aman". Skenario selanjutnya akan sangat bergantung pada aksi harga pekan depan. Tentu saja, pergerakan DXY masih akan dibayangi aksi jual lantaran bergerak di bawah kurva MA-50 dan RSI menukik ke wilayah yang lebih negatif.

Meski Rebound, Dolar AS Masih Rentan Bearish

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.