Note

Kuota Mudik Gratis Jakarta-Semarang Lewat Laut Masih Ada, Langsung Daftar

· Views 19
Kuota Mudik Gratis Jakarta-Semarang Lewat Laut Masih Ada, Langsung Daftar
Foto: Dok. Pelni
Jakarta

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan program mudik gratis Jakarta-Semarang lewat jalur laut. Pemudik akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ke pelabuhan Tanjung Emas Semarang menggunakan kapal KM Dobonsolo.

Per 24 Maret 2023, masih ada sisa kuota untuk pemudik. Untuk keberangkatan tanggal 15 April 2023, sisa kuota untuk penumpang adalah 2.142. Sementara sisa kuota untuk sepeda motor sebanyak 1.088.

Lalu untuk keberangkatan 17 April 2023, sisa kuota adalah 707 untuk orang, dan 469 untuk sepeda motor.

"Per hari ini untuk arus mudik tanggal 15 April itu yang mendaftar motor ada 160, orang ada 352. Jadi masih ada sisa kuota motor 1.088 dan orang 2.142," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Antoni Arif Priadi dalam media briefing di Kantor Kemenhub, Jumat (24/3/2023).

Sementara itu, untuk arus balik Semarang-Jakarta tanggal 28 April, masih menyisakan kuota 913 untuk orang dan 535 slot untuk motor. Dan untuk arus balik tanggal 25 April masih tersisa 991 untuk motor, dan 1.860 untuk orang.

Layanan mudik gratis ini, menurut Antoni, adalah upaya Kemenhub untuk menekan jumlah kecelakaan di jalan raya saat mudik lebaran. Program ini juga untuk mengalihkan pemudik pesepeda motor di jalur Pantura.

"Ini upaya pengalihan pemudik pesepeda motor di jalur Pantura. Ini juga untuk menurunkan angka kecelakaan. Ini memang sangat rentan," ujarnya.

Pendaftaran mudik gratis sudah dibuka sejak Kamis, 23 Maret 2023. Kemenhub membuka pendaftaran secara online, dan pendaftaran secara offline di Tanjung Priok.

Masyarakat bisa mendaftar online di https://mudikgratis.dephub.go.... Sedangkan pendaftaran offline dilakukan hingga 16 April 2023 di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok dan Gedung Cipta lantai dasar Kemenhub, Jakarta.

(hns/hns)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.