Note

Air Products Hengkang dari Proyek Hilirisasi Batu Bara RI, Ini Alasannya

· Views 66
Salah satu pemicu hengkangnya Air Products dari proyek hilirisasi batu bara karena tidak adanya titik temu untuk nilai keekonomian serta model bisnis. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Dirjen Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ridwan Djamaluddin membeberkan alasan hengkangnya Air Products and Chemicals Inc dari proyek hilirisasi batu bara di Indonesia. Menurutnya, salah satu pemicunya karena tidak adanya titik temu untuk nilai keekonomian serta model bisnis antara perusahaan petrokimia asal Amerika Serikat (AS) ini dengan konsorsium bersama PT Pertamina (Persero) dan PT Bukit Asam (PTBA) dan KPC.

"Ya (penyebabnya) nilai keekonomian. Air Products, satu lagi yang sama KPC. Sama KPC kita fasilitasi untuk ketemu juga. Pada dasarnya model bisnisnya tidak ketemu antara kedua pihak. Persiapan kita ke depan harus lebih detail," ujar Ridwan ketika ditemui di acara High Level Human Capital Summit di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Ridwan menambahkan, dengan hengkangnya Air Products sebagai investor di salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut membuat Indonesia harus kembali mengevaluasi program ini baik dari sisi perencanaan, aspek keekonomian, serta penguasaan teknologi hilirisasi batu bara dalam negeri.

"Jadi kalau saya bilang sekarang situasinya karena presiden sudah melakukan peletakan batu pertama dan ini menjadi program strategis nasional. Kita tinjau ulang rencana kerjanya sambil juga mencari mitra yang sesuai dengan skenario program itu," tuturnya.

"Satu mungkin, evaluasi bagi kita perencanaan kita harus lebih bagus. Kedua, terlihat sekali aspek keekonomian dan penguasaan teknologi kita yang masih tergantung orang lain. Akibatnya, kita sulit sekali mencapai keekonomian atau sulit mencari mitra yang cocok dengan kebutuhan kita," sambungnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.