Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS terangkat 61 sen menjadi diperdagangkan di 76,29 dolar AS per barel
Singapura (ANTARA) - Harga minyak naik di perdagangan Asia pada Selasa sore, didukung oleh harapan rebound ekonomi yang kuat di China akan mendorong permintaan bahan bakar, mengimbangi kekhawatiran tentang kenaikan suku bunga AS lebih lanjut yang menyeret konsumsi di ekonomi terbesar dunia itu.

Minyak mentah berjangka Brent untuk bulan April, yang akan berakhir pada Selasa, naik 39 sen menjadi diperdagangkan di 82,84 dolar AS per barel pada pukul 07.18 GMT. Kontrak Mei yang lebih aktif naik 63 sen menjadi diperdagangkan di 82,67 dolar AS per barel.

Demikian juga, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS terangkat 61 sen menjadi diperdagangkan di 76,29 dolar AS per barel.

Kontrak berjangka Brent dan WTI sama-sama berada di jalurnya, namun berada di jalur untuk penurunan bulanan masing-masing sekitar 2,2 persen dan 3,8 persen, dengan WTI kemungkinan akan mencapai penurunan beruntun empat bulan.

Ekspektasi pemulihan permintaan di China mendukung kenaikan, dengan pasar menunggu data penting selama dua hari ke depan. Para ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan aktivitas pabrik di ekonomi terbesar kedua dunia itu tumbuh pada Februari.

"Pemulihan ekonomi China akan mendorong permintaannya terhadap komoditas-komoditas lebih tinggi dengan minyak berada di posisi yang paling diuntungkan," kata analis JPMorgan dalam catatan klien.

Analis minyak JPMorgan mempertahankan perkiraan harga rata-rata 2023 mereka untuk minyak mentah berjangka Brent di 90 dolar AS per barel.

Ancaman lebih banyak kenaikan suku bunga AS menyusul data pesanan baru yang lebih kuat dari perkiraan untuk barang modal inti manufaktur AS pada Januari, membatasi kenaikan, dengan Gubernur Federal Reserve AS Philip Jefferson mengatakan inflasi untuk jasa-jasa tetap "sangat tinggi".

"Angka inflasi yang lebih kuat dari perkiraan menimbulkan kekhawatiran tentang kenaikan suku bunga lebih lanjut, yang telah membatasi permintaan di AS," kata analis ANZ dalam catatan klien.

Pasar akan melihat data stok minyak AS terbaru dari kelompok industri American Petroleum Institute (API) pada Selasa dan Badan Informasi Energi pemerintah pada Rabu (1/3/2023) untuk indikator permintaan lebih lanjut.

Jajak pendapat awal Reuters menunjukkan analis memperkirakan stok minyak mentah tumbuh 400.000 barel dalam seminggu hingga 24 Februari, yang akan menandai peningkatan minggu kesepuluh berturut-turut.

Tujuh analis yang disurvei juga memperkirakan stok bensin naik sekitar 700.000 barel. Persediaan sulingan, yang meliputi minyak diesel dan pemanas, diperkirakan turun sekitar 500.000 barel minggu lalu.

Analis OANDA Edward Moya mengatakan dalam sebuah catatan bahwa tanda-tanda permintaan membaik akan memberikan katalis untuk mengirim WTI di atas tertinggi minggu lalu di 77,51 dolar AS.

Baca juga: Minyak stabil di Asia setelah jatuh karena ketakutan suku bunga naik
Baca juga: Harga minyak jatuh terseret kekhawatiran kenaikan suku bunga AS
Baca juga: Minyak turun tertekan penguatan dolar, abaikan pengurang pasokan Rusia

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023