Note

Bos AirAsia Luncurkan Ask Bo, Layanan Pramutamu Berbasis AI yang Gantikan AVA

· Views 40
Bos AirAsia luncurkan Ask Bo, layanan pramutamu berbasis AI yang gantikan AVA. Foto: Dinar M

KUALA LUMPUR, iNews.id - Capital A sebagai induk maskapai AirAsia menciptakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) agar memiliki peran lebih dalam industri penerbangan. Formula chatbot berbasis AI dipilih untuk mengimbangi laju permintaan pelanggan terhadap layanan maskapai tersebut.

CEO Capital A, Tony Fernandes mengatakan, perusahaan sedang memacu komputasi demi mempermudah menjawab puluhan juta pertanyaan konsumen yang masuk ke superapps AirAsia. Ini dinilai bakal menyita waktu jika dilakukan secara manual, tanpa bantuan AI.

"Mengingat ukuran maskapai AirAsia, dengan ribuan pengembalian uang dan permintaan perubahan penerbangan, manusia saja tidak dapat mengatasinya. Kita juga harus menggunakan teknologi," kata Tony dalam konferensi pers peluncuran Ask Bo di Kuala Lumpur International Airport, Rabu (8/2/2023).

Ask Bo merupakan layanan pramutamu berbasis AI yang dibuat dalam versi terbaru untuk menggantikan ÁVA, platform lama yang sejak awal diluncurkan pada 2019. Model 'Bo' menyerupai manusia virtual yang dinamai dari CEO Group AirAsia Avation Group, Bo Lingam.

Avatar ini secara otomatis dapat memberikan informasi sekaligus menjawab keluhan pelanggan seperti status penerbangan, perubahan jadwal, bagasi, pembaruan waktu, hingga penerbitan boarding pass secara realtime. Adapun layanan ini menggunakan multibahasa, baik Inggris, Mandarin, Melayu, Bahasa Indonesia, Thailand, Jepang, Korea, dan Vietnam.

"Pada bulan Maret nanti, para tamu kami juga akan dapat berbicara langsung dengan agen manusia kami, pada saat berinteraksi dengan Ask Bo," ujar Chief Airport & Customer Experience Officer AirAsia Aviation Kesavan Sivanandam.

Direktur Utama PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) Veranita Yosephine Sinaga menuturkan, teknologi baru ini dapat mendekatkan perusahaan terhadap konsumen. Dia berharap pembaruan ini dapat ikut mendorong pasar penerbangan domestik.

"Kita ingin AirAsia Indonesia itu di-recognize untuk menjadi airline yang consumer-centric, tentu akan ada banyak development yang akan muncul setelah hari ini. Tapi Ask Bo ini dalah upaya kami untuk mendekatkan loyalitas," tuturnya kepada iNews.id.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.