Note

Kisah Kashio Bersaudara, Merintis Bisnis Bersama Hingga Bawa Casio Jadi Brand Internasional

· Views 31
Salah satu gerai Casio di Mal Central Park, Jakarta. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kisah Kashio bersaudara tak bisa dilepaskan dari kesuksesan Casio, brand internasional untuk beragam produk elektronik berkualitas, mulai dari jam tangan hingga piano. 

Casio pertama kali berdiri pada April 1946 dan didirikan oleh Kashio bersaudara, yakni Tadao Kashio, Toshio Kashio, Kazuo Kashio, dan Yukio Kashio. Keempatnya memegang peranan penting pada pengembangan Casio.

Tadao berperan selaku pemimpin, Toshio adalah penemu yang jenius, Kazuo bertugas memasarkan produk dan menyusun strategi usaha, dan Yukio selaku engineer, menajamkan kualitas teknologi produk-produk Casio. Siapa sangka, dari awalnya membuat kalkulator, empat kakak-beradik ini mampu membawa Casio menjadi salah satu brand internasional.

Dikutip dari berbagai sumber oleh MPI, awalnya saat Tadao lulus SMA ia mulai magang sebagai operator mesin. Pemilik pabrik itu melihat keterampilan Kashio dan menyuruhnya untuk melanjutkan studinya di Universitas Waseda, sambil tetap bekerja di Pabrik. Hingga kemudian ia mendirikan bisnisnya sendiri bernama Kashio Seisakujo di Mitaka, Tokyo.

Kemudian dengan dibantu adiknya Toshio, Tadao membuat kalkulator bertenaga listrik. Pada masa itu, kalkulator beroperasi dengan gir. Banyak prototype dibuat sebelum akhirnya Kashio bersaudara berhasil membuat kalkulator All Electric 14-A. 

Setelah kontak penjualan ditandatangani dengan Uchida Yoko Co., Ltd. sebagai dealer eksklusif, perusahaan Casio Computer Co., Ltd. didirikan pada 1957 sebagai perusahaan pengembangan dan produksi untuk relai kalkulator. 

Tadao dan adik-adiknya kemudian meminta ayah mereka, Shigeru Kashio, untuk mengisi posisi presiden. Nama perusahaan awalnya menggunakan Kashio dalam kanji Jepang, namun kemudian diubah jadi katakana karena mereknya semakin populer pada 1960.

Pendapatan Casio terus berlipat ganda setiap tahun, kapasitas pabrik tidak cukup untuk memenuhi permintaan. Maka dari itu perusahaan memutuskan untuk mencatatkan sahamnya di bursa saham publik untuk mendapatkan modal yang dibutuhkan. Casio mulai terdaftar pada 1970 di bagian kedua Bursa Saham Tokyo.

Kemudian pada 1971, Casio Eight Association mulai dibentuk dengan grosir alat tulis terkemuka dan jaringan penjualan nasional didirikan di Jepang. Casio Mini yang merupakan kalkulator pribadi pertama di dunia mulai dirilis pada 1972.

Seiring berjalannya waktu, posisi kuat Casio dalam industri Kalkulator, membuat casio memutuskan untuk memasuki bidang bisnis jam tangan hingga pada tahun 1974 jam tangan Casio mulai diproduksi untuk pertama kalinya. 

Jam tersebut adalah Casiotron QW02, yang dilengkapi dengan kalender jam tangan pertama di dunia yang secara otomatis disesuaikan untuk bulan yang lebih panjang dan pendek.

Kemudian pada tahun 1983 jam tangan jenis G-SHOCK dengan memiliki ketahanan guncangan dan getaran, lalu secara akurat juga menjaga waktu dalam berbagai kondisi buruk. Bahkan performa ini dipuji oleh para petugas pemadam kebakaran yang bekerja dalam kondisi yang keras.

Casio juga merilis jam tangan bertenaga surya untuk pertama kalinya pada 2001, jam tangan ini dikendalikan radio bertenaga surya yang dapat menyinkronkan dirinya sendiri secara otomatis ke waktu yang tepat dengan menerima sinyal radio waktu standar.

Casio terus berinovasi menciptakan hal baru pada masa itu hingga saat ini, mulai dari berbagai jenis kalkulator, jam tangan, alat musik, Mesin Kasir, dan lain sebagainya.

Saat ini Casio dipimpin oleh Kashio Kazuhiro sebagai presiden dan juga CEO dari perusahaan Casio Computer Co., Ltd.. Ia merupakan generasi keempat yang berasal dari keluarga Kashio. 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.