Note

Goldman Sachs Prediksi Pasokan Minyak Dunia Menipis pada 2024

· Views 65
Goldman Sachs Prediksi Pasokan Minyak Dunia Menipis pada 2024
Goldman Sachs Prediksi Pasokan Minyak Dunia Menipis pada 2024. (Foto: MNC Media)

IDXChannel – Goldman Sachs Groups Inc. memprediksi harga minyak bumi akan naik kembali di atas USD100 per barel tahun ini. Komoditas tersebut kemungkinan juga akan menghadapi masalah pasokan yang serius pada tahun 2024 karena kapasitas produksi cadangan habis.

Dengan sanksi yang kemungkinan akan menyebabkan ekspor minyak Rusia turun dan permintaan China diperkirakan akan pulih saat negara tersebut mengakhiri kebijakan Zero Covid-nya, harga akan naik di atas USD100.

Baca Juga:
Perang Rusia-Ukraina Bakal Percepat 'Kiamat' Migas

Kurangnya investasi di industri migas untuk mengenjot produksi juga akan menjadi pendorong harga yang lebih tinggi. Kurangnya kapasitas ini dapat menjadi masalah besar pada tahun 2024.

“Siklus komoditas super adalah rangkaian lonjakan harga dengan tingkat yang jauh lebih tinggi,” kata analis Jeff Currie, yang mengepalai penelitian komoditas di Goldman, seperti dilansir Bloomberg pada Senin (6/2/2023).

Baca Juga:
Dicampur Minyak Rusia, China Kejar Impor BBM

Menteri Energi Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman baru-baru ini mengecam kurangnya investasi dalam kapasitas penyulingan yang membuat dunia kekurangan pasokan. Dia menegaskan kembali bahwa OPEC+ akan tetap berhati-hati dalam memutuskan kapan akan meningkatkan produksi.

Bersama dengan Rusia, Arab Saudi adalah pemimpin de fakto OPEC+. Pangeran Abdulaziz mengatakan upaya OPEC+ untuk membatasi pasokan telah menyelamatkan pasar minyak ketika terjadi penurunan permintaan selama pandemi.

Baca Juga:
Setelah Anjlok Pekan Lalu, Harga Minyak Mentah Kembali Naik

Currie menegaskan kembali pandangan Goldman bahwa OPEC+ akan melonggarkan batas produksi dan berupaya meningkatkan produksi akhir tahun ini. Komite pemantauan pasar OPEC+ bulan ini merekomendasikan agar grup tersebut mempertahankan produksi minyak.

“Saat ini, situasi masih seimbang karena China masih belum pulih sepenuhnya,” kata Currie. 

“Apakah kita akan kehabisan kapasitas produksi cadangan? Berpotensi pada tahun 2024 Anda mulai memiliki masalah serius,” lanjutnya.

(WHY)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

👍

-THE END-