Note

Tertekan Saham Bank, IHSG Ditutup Melemah 0,38 Persen

· Views 21
Tertekan Saham Bank, IHSG Ditutup Melemah 0,38 Persen

Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas Indonesia, Jakarta, Senin (2/1/2023). IHSG melemah 0,38 persen ke level 6.872,48.

Foto: Republika/Prayogi
Sektor teknologi mengalami pelemahan terdalam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir di zona merah pada perdagangan awal pekan, Senin (30/1/2023). IHSG melemah 0,38 persen ke level 6.872,48. 

Sektor teknologi mengalami pelemahan terdalam dan diikuti transportasi & logistik, infrastruktur, keuangan, energi, properti & real estate, industrial dan barang baku. Total nilai transaksi yang diperdagangkan sebesar Rp 9,79 triliun.

Baca Juga
  • Rupiah Menguat Dibayangi Optimisme Perekonomian AS
  • Dua Minggu Minyakita Tak Kunjung Datang, Pedagang: Dipermainkan Kali
  • Ini Pemicu Penipuan dengan Format APK Marak

Pilarmas Investindo Sekuritas mengatakan IHSG mengalami pelemahan seiring minimnya sentimen di dalam negeri. Meski demikian, data inflasi masih berpotensi menopang pergerakan IHSG. 

"Kami melihat laporan tingkat inflasi yang berpeluang mengalami penurunan masih akan memberikan optimisme pasar saham dalam negeri," tulis Pilarmas Investindo Sekuritas dalam risetnya, Senin (30/1/2023). 

Pada saat yang sama, harga komoditas terpantau masih berfluktuassi. Minyak mengalami penurunan harga, sementara batu bara kembali meningkat. Hal ini turut memberikan sentimen terhadap pergerakan IHSG khususnya emiten di sektor energi.

Sementara, konflik antara AS dan China atas Taiwan kembali memicu kecemasan setelah salah seorang Jenderal angkatan udara AS memperingatkan AS akan berperang melawan China dalam dua tahun ke depan. 

"Kami memandang ketegangan yang terus berlanjut antara China dan AS dalam sejumlah aspek turut menjadi salah satu tantangan terhadap prospek ekonomi global ke depan," menurut riset.

Sepanjang hari ini Indeks LQ45 melemah sebesar 0,45 persen. Saham-saham yang mendominasi penguatan diantaranya KLBF, AMRT, INDF, dan BRPT. Sedangkan saham–saham yang mendominasi penurunan diantaranya GOTO, BBRI, BBNI, BMRI, dan MDKA.  

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.