Note

Apakah Fed AS Mendekati Akhir Siklus Kenaikan Rekornya?

· Views 138

Bank of Canada telah menyampaikan apa yang disarankannya sebagai kenaikan terakhir untuk siklus saat ini, dengan menaikkan suku bunga overnight sebesar 25 basis poin menjadi 4,5%. Akankah Fed AS mengikuti langkah ini minggu depan?

Kami memperkirakan besaran kenaikan suku bunganya akan sama dengan BoC sebesar 25 basis poin. Ini adalah setengah dari kenaikan pada bulan Desember dan akan membawa kisaran target suku bunga menjadi 4,5% hingga 4,75%. Tekanan harga di AS telah menunjukkan tanda-tanda perlambatan yang menggembirakan.

Tingkat pertumbuhan IHK utama telah mereda dan luasnya tekanan harga telah menyempit seiring dengan penurunan harga bensin, meredanya hambatan rantai pasokan global, dan momentum pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat.

Penjualan manufaktur untuk barang-barang konsumsi turun lebih dari 3% pada akhir 2022 dari level puncaknya di bulan Juni. Volume belanja konsumen turun dua bulan berturut-turut selama November dan Desember.

Pasar tenaga kerja masih panas dengan tingkat pengangguran AS yang menyamai level terendah dalam beberapa dekade terakhir di 3,5% pada bulan Desember. Namun, selama tiga bulan terakhir, total jam kerja menurun untuk pertama kalinya sejak penguncian pandemi 2020 – sejalan dengan ekspektasi bahwa pengurangan jam kerja akan terjadi sebelum PHK.

Pertumbuhan upah masih tinggi tetapi telah beringsut lebih rendah. Dan pelemahan lebih lanjut dalam permintaan tenaga kerja kemungkinan besar terjadi karena dampak kenaikan 425 basis poin tahun lalu (siklus kenaikan paling agresif sejak 1980-an) terus berlanjut ke seluruh perekonomian.

Pada bulan Desember, sebagian besar peserta Federal Open Market Committee memperkirakan bahwa kisaran target suku bunga Fed Funds perlu dinaikkan di atas 5% tahun ini. Namun kami memperkirakan adanya jeda pada kisaran yang sedikit lebih rendah dari 4,75% hingga 5% – asalkan pelemahan inflasi dan tren pertumbuhan AS yang sedang berlangsung terus berlanjut.

Pantauan data minggu depan

Kami memperkirakan PDB Kanada akan naik 0,1% di bulan November, sejalan dengan estimasi awal StatCan. Penurunan konstruksi, ritel, pertambangan, penggalian, dan ekstraksi minyak dan gas mengimbangi sebagian kenaikan di sektor manufaktur, utilitas, grosir, serta keuangan dan asuransi.

Pertumbuhan telah melambat selama musim gugur dan awal musim dingin menyusul kenaikan yang lebih kuat selama musim panas. Kami juga memperkirakan output bulan Desember tidak banyak berubah dengan jam kerja naik 0,1% di bulan tersebut.

Pekerjaan penggajian AS kemungkinan terus meningkat pada Januari, meskipun kenaikan 150.000 dalam penggajian yang kami perkirakan akan menjadi kenaikan terkecil sejak penurunan pada Desember 2020. Pasar tenaga kerja tetap ketat dan PHK masih sangat rendah. Tetapi jumlah lowongan pekerjaan telah turun tipis dan kami melihat adanya kenaikan tingkat pengangguran menjadi 3,6% dari 3,5% di bulan Desember.

Revisi data pasar tenaga kerja Kanada yang diawasi dengan ketat akan dirilis pada hari Senin mendatang. Estimasi ulang faktor musiman dan penerapan klasifikasi baru berdasarkan pekerjaan diperkirakan tidak akan berdampak signifikan terhadap estimasi tahunan ketenagakerjaan untuk tahun 2022, meskipun dapat mengubah pola pertumbuhan bulanan dalam tahun ini dan tren terkini.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.