Note

Prakiraan Euro Mingguan: Kenaikan ECB Sudah Diperkirakan dan Apakah Inflasi Inti Memuncak?

· Views 92

Kenaikan suku bunga dari ketiga bank sentral utama minggu depan, kecuali Bank of England yang berpotensi, telah diperhitungkan sebelum pertemuan minggu depan (Fed 25 bps, ECB 50 bps, dan BoE lebih dekat ke 50 bps daripada 25 bps).

Oleh karena itu, pasar akan lebih fokus pada petunjuk mengenai suku bunga acuan dan arah kebijakan di masa depan di tengah-tengah inflasi yang lebih rendah.

Dengan banyaknya peristiwa penting yang akan terjadi minggu depan, pergerakan harga dapat menimbulkan ancaman pergerakan yang tidak menentu, namun, banyaknya informasi pergerakan pasar dapat menjadi katalisator yang dicari pasar.

Label Netral pada prakiraan telah diajukan karena pergeseran dalam sentimen minggu depan memiliki potensi untuk tenggelam oleh sejumlah data berdampak tinggi lainnya.

SENTIMEN EKONOMI UNI EROPA MEMBAIK (PRAKIRAAN GDP, PMI)

Cuaca musim dingin yang lebih ringan di Eropa tampaknya telah mencegah krisis kekurangan gas yang telah membantu memotivasi sedikit revisi ke atas pada pertumbuhan PDB dari Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck.

Faktanya, pemerintah Jerman sekarang melihat pertumbuhan PDB 2022 sebesar 0,2% untuk tahun 2023, naik dari kontraksi sebelumnya sebesar 0,4%. Kabar baik lebih lanjut muncul untuk benua yang lebih luas dalam bentuk peningkatan angka PMI Januari (flash) yang dirilis minggu ini.

Baik data manufaktur dan jasa mengalahkan estimasi dengan statistik jasa Uni Eropa yang kembali memasuki wilayah ‘ekspansif’ (cetakan 50 ke atas).

APAKAH KUARTAL 4 AKAN TERHINDAR DARI KONTRAKSI?

Data PDB Euro akan dirilis minggu depan dan perkiraan menunjukkan bahwa kita akan melihat kontraksi kuartal per kuartal dan kenaikan 1,7% dibandingkan dengan Q4 2021.

Sementara tunas hijau optimisme telah muncul di sekitar pertumbuhan, Uni Eropa masih harus menghadapi kemungkinan skenario resesi tahun ini, meskipun anggota ECB yang lebih hawkish, Klaas Knot, percaya bahwa penurunan dapat dihindari, sementara Villeroy yang ‘netral’ berkomentar sebelum periode pemadaman media bahwa ia melihat Uni Eropa menghindari resesi sepenuhnya karena aktivitas yang membaik.

PDB Uni Eropa Merana Menjelang Rilis Kuartal IV yang Diperkirakan Negatif Minggu Depan

Grafik di bawah ini menunjukkan tren disinflasi di sebagian besar ekonomi utama (Uni Eropa berwarna ungu). Inflasi umum di Eropa tampaknya telah mencapai puncaknya, tetapi fokus mereka tetap pada inflasi inti karena harga energi telah mereda secara drastis.

Tren IHK Utama Global

Dewan gubernur terlihat lebih bersatu dari sebelumnya, dilihat dari komentar-komentar baru-baru ini yang memilih kenaikan 50 bps tanpa ada satu pun yang tidak setuju. Inflasi inti yang lebih tinggi merupakan gejala inflasi yang meluas di seluruh perekonomian yang cenderung lebih lengket.

Dengan pemikiran inilah ECB telah mengkomunikasikan komitmennya untuk “tetap pada jalurnya”, seperti yang dikatakan oleh Christine Lagarde, sehubungan dengan kenaikan 50 bps yang akan datang.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.