Note

Yen Menguat Karena Pertaruhan Kebijakan BOJ, Euro Melemah Menjelang Pertemuan ECB

· Views 88

Yen menguat terhadap dollar pada hari Jumat karena pembacaan inflasi Tokyo yang memanas mendorong spekulasi bahwa pivot hawkish dari Bank of Japan (BOJ) akan segera terjadi.

Namun, dolar AS menjauh dari level terendah sembilan bulan terhadap euro dan level terendah tujuh bulan terhadap sterling karena para pedagang bersiap untuk minggu yang kritis ketika bank sentral yang bertanggung jawab atas ketiga mata uang tersebut akan bertemu.

Dolar turun 0,17% menjadi 129,96 yen di perdagangan Asia setelah data menunjukkan inflasi harga konsumen di ibukota Jepang melaju ke level tertinggi selama hampir 42 tahun bulan ini, menambah tekanan pada BOJ untuk menjauhi stimulus.

Namun, itu masih jauh dari level terendah hari sebelumnya di 129.50, dan jauh dari level terendah 7-1/2 bulan di 127.215 yang dicapai minggu lalu, ketika ekspektasi dibangun untuk bank sentral mengubah kebijakan. Setelah para pejabat BOJ memberikan suara bulat pada 18 Januari untuk mempertahankan pengaturan stimulus tidak berubah, pasangan mata uang ini melambung setinggi 131,58.

“Ekspektasi pasar untuk perubahan setiap saat (oleh BOJ), termasuk pertemuan berikutnya di bulan Maret, akan tetap tinggi, dan itu akan mempertahankan penawaran yen,” kata Shinichiro Kadota, seorang ahli strategi di Barclays di Tokyo, yang melihat kemungkinan pasangan dolar-yen tembus di bawah 125.

PM Jepang mengatakan tidak dapat mengesampingkan kembalinya deflasi meskipun ada lonjakan harga
Ekuitas Asia mencapai level tertinggi dalam 9 bulan seiring berkurangnya kekhawatiran resesi
“Jika ada serangan pelemahan yen, saya rasa sisi atas akan terus dibatasi oleh ekspektasi-ekspektasi tersebut,” kata Kadota.

Untuk minggu ini, dolar naik sekitar 0,28% terhadap yen, setelah berayun di antara keuntungan dan kerugian.

Euro menuju kenaikan 0,17% terhadap dolar sejak Jumat lalu, dalam kenaikan minggu ketiga berturut-turut. Hal ini terjadi meskipun euro turun 0,17% menjadi $1,08715 pada hari ini, turun dari level tertinggi semalam di $1,09295, level yang terakhir kali terlihat pada bulan April.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.