Note

Dolar Merosot di Level Terendah 8 Bulan, Menanti Pertemuan Bank Sentral

· Views 98

Dolar jatuh ke level terendah delapan bulan terhadap rekan-rekannya pada hari Kamis, karena musim pendapatan perusahaan AS yang suram memicu kekhawatiran resesi menjelang serangkaian pertemuan bank sentral minggu depan.

Euro menekan ke tertinggi baru sembilan bulan di $1,09295 dan terakhir berada tepat di bawah level itu, sedikit berubah pada hari itu. Sterling naik 0,15% menjadi $1,2419, meningkatkan tawaran baru di wilayah di atas $1,245 setelah gagal mencapainya minggu lalu.

Ini berarti indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang mata uang, jatuh serendah 101,5, terendah sejak akhir Mei.

Pendapatan yang suram dan panduan dari perusahaan-perusahaan AS dan serangkaian PHK sektor teknologi telah memperdalam kekhawatiran akan penurunan ekonomi di Amerika Serikat, membuat investor mengurangi ekspektasi tentang berapa lama lagi Federal Reserve perlu menaikkan suku bunga secara agresif.

“Sekarang ada tanda-tanda ekonomi AS mungkin melambat dengan cara yang lebih berarti,” kata ekonom di Wells Fargo.

“Dengan The Fed tidak lagi memimpin kenaikan suku bunga dan tren ekonomi AS akan memburuk, kami sekarang yakin dolar AS telah memasuki periode depresiasi siklis terhadap sebagian besar mata uang asing.”

Komite penetapan kebijakan The Fed akan memulai pertemuan dua hari minggu depan, dan pasar memperkirakan kenaikan suku bunga 25 basis poin (bps), turun dari kenaikan 50 bps dan 75 bps bank sentral yang terlihat tahun lalu.

Menjelang itu, Departemen Perdagangan akan merilis perkiraan awal produk domestik bruto kuartal keempat AS pada hari Kamis.

Pasar mengharapkan pembuat kebijakan di Bank Inggris dan Bank Sentral Eropa (ECB), yang juga bertemu minggu depan, untuk memberikan kenaikan suku bunga 50 bps. ECB terlihat kemungkinan besar akan tetap hawkish.

Dolar Kanada diperdagangkan pada 1,3387 per dolar AS, setelah Bank of Canada pada hari Rabu menaikkan suku bunga utamanya menjadi 4,5% tetapi menjadi bank sentral besar pertama yang melawan inflasi global yang mengatakan kemungkinan akan menahan kenaikan lebih lanjut untuk saat ini.

“Keputusan tersebut dapat dimengerti telah memperkuat ekspektasi pasar bahwa bank sentral utama lainnya termasuk The Fed akan segera mengikuti Dewan Komisaris dengan menghentikan siklus kenaikan mereka sendiri selama (paruh pertama) tahun ini,” kata Lee Hardman, analis mata uang senior MUFG.

Dia mengatakan mundurnya ekspektasi kenaikan suku bunga Fed setelah keputusan kebijakan Dewan Komisaris telah memicu aksi jual dolar AS di samping kelemahan dolar Kanada, yang “menyoroti bahwa dolar AS tetap rentan terhadap repricing dovish lebih lanjut dari ekspektasi kenaikan suku bunga Fed.”

Aussie menyentuh level tertinggi baru lima bulan di $0,7129 karena ekspektasi yang lebih besar bahwa kenaikan suku bunga Reserve Bank akan dirilis setelah data kejutan hari Rabu menunjukkan bahwa inflasi Australia telah melonjak ke level tertinggi 33 tahun pada kuartal terakhir.

Perdagangan sedikit tipis dengan Australia tutup untuk liburan. Dolar naik 0,17% terhadap yen Jepang menjadi 129,84.

Pembuat kebijakan Bank of Japan (BOJ) memperdebatkan prospek inflasi pada pertemuan bulan Januari mereka, dengan beberapa peringatan bahwa upah dapat membutuhkan waktu untuk naik secara berkelanjutan, ringkasan pendapat pada pertemuan mereka menunjukkan pada hari Kamis.

Pada pertemuan itu, BOJ mempertahankan suku bunga ultra-rendah tidak berubah tetapi memperkuat alat kebijakan moneter untuk mencegah imbal hasil obligasi 10 tahun menembus batas baru 0,5%. Keputusannya menentang ekspektasi pasar tentang penyesuaian lebih lanjut terhadap kebijakan moneter.

Dolar Merosot di Level Terendah 8 Bulan, Menanti Pertemuan Bank Sentral

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.