Note

Dolar Dekati Level Terendah Delapan Bulan Menjelang Rapat Bank Sentral AS

· Views 84

INFOREXNEWS – Dolar mendekati level terendah delapan bulan terhadap mata uang lainnya pada hari Kamis, karena laporan keuangan perusahaan AS yang suram memicu kekhawatiran resesi dan karena para pedagang tetap berhati-hati menjelang sejumlah pertemuan bank sentral minggu depan.

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang mata uang, terakhir berada di 101,53, mendekam di dekat level terendah delapan bulan di 101,51.

Perdagangan tipis pada hari Kamis, dengan Australia keluar untuk liburan dan beberapa bagian Asia masih libur untuk Tahun Baru Imlek.

Pendapatan dan panduan yang suram dari perusahaan-perusahaan AS dan serangkaian PHK di sektor teknologi telah memperdalam kekhawatiran akan penurunan ekonomi di Amerika Serikat, membuat para investor mengurangi ekspektasi mereka mengenai berapa lama lagi Federal Reserve perlu menaikkan suku bunga secara agresif.

“Saat ini ada tanda-tanda bahwa ekonomi AS mungkin melambat dengan cara yang lebih berarti,” kata para ekonom di Wells Fargo (NYSE: WFC).

“Dengan The Fed yang tidak lagi memimpin dalam hal kenaikan suku bunga dan tren ekonomi AS yang akan memburuk, kami sekarang percaya bahwa dolar AS telah memasuki periode depresiasi siklus terhadap sebagian besar mata uang asing.”

Komite penetapan kebijakan Fed akan memulai pertemuan dua hari minggu depan, dan pasar telah memperkirakan kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin, turun dari kenaikan 50 basis poin dan 75 basis poin yang dilakukan oleh bank sentral tahun lalu.

Pasar memperkirakan para pembuat kebijakan di Bank of England dan Bank Sentral Eropa (ECB), yang juga akan bertemu minggu depan, akan menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin. ECB terlihat kemungkinan besar akan tetap hawkish.

Sterling terakhir lebih tinggi 0,12% di $1,2415, sementara euro naik 0,05% ke $1,0920, mendekati level tertinggi sembilan bulan di $1,0927 yang dicapai pada hari Senin.

“Euro memang menarik banyak perhatian,” kata Jarrod Kerr, kepala ekonom di Kiwibank. Zona euro mengalami musim dingin yang menguntungkan. Krisis energi yang diperkirakan banyak orang belum benar-benar terjadi.”

Di tempat lain, dolar Kanada terakhir diperdagangkan pada 1,3393 per dolar, setelah Bank of Canada pada hari Rabu menaikkan suku bunga acuan menjadi 4,5% namun menjadi bank sentral utama pertama yang memerangi inflasi global yang mengatakan bahwa mereka kemungkinan akan menunda kenaikan lebih lanjut untuk saat ini.

Pergerakan Market Hari Ini

Aussie naik tipis 0,06% ke $0,7107, setelah melonjak 0,8% pada hari Rabu menyusul data mengejutkan yang menunjukkan inflasi Australia telah melonjak ke level tertinggi 33 tahun pada kuartal terakhir, memperkuat kasus untuk Reserve Bank of Australia untuk menaikkan suku bunga lagi bulan depan.

Kiwi stabil di $0,6480, setelah merosot 0,43% di sesi sebelumnya setelah inflasi tahunan kuartal keempat Selandia Baru berada di bawah perkiraan bank sentralnya.

Di Asia, yen Jepang naik 0,3% menjadi 129,21 per dollar AS.

Para pembuat kebijakan Bank of Japan (BOJ) memperdebatkan prospek inflasi pada pertemuan bulan Januari mereka, dengan beberapa memperingatkan bahwa perlu waktu bagi upah untuk naik secara berkelanjutan, sebuah ringkasan pendapat pada pertemuan mereka menunjukkan pada hari Kamis.

Pada pertemuan tersebut, BOJ mempertahankan suku bunga sangat rendah tidak berubah namun memperkuat alat kebijakan moneter untuk mencegah imbal hasil obligasi 10 tahun menembus batas 0,5% yang baru. Keputusannya bertentangan dengan ekspektasi pasar akan adanya perubahan lebih lanjut pada kebijakan moneter.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.