Note

Dolar Mencoba Bangkit Karena Menanti Keputusan Fed

· Views 92

Dolar naik pada hari Rabu dalam perdagangan yang tenang karena investor melihat ke arah keputusan kebijakan Federal Reserve minggu depan, sementara euro diperdagangkan tepat di bawah tertinggi sembilan bulan.

Euro 0,26% lebih rendah terhadap dolar di $1,086, turun dari level $1,093 yang dicapai pada hari Jumat, yang merupakan level tertinggi sejak awal Mei.

Sementara itu, dolar turun 0,32% terhadap yen, pada 129,74 yen per dolar, mencapai level terendah 8 bulan di 127,22 pada 16 Januari.

Alvin Tan, kepala strategi FX Asia di RBC Capital Markets, mengatakan pasar sepi karena liburan Tahun Baru Imlek dan pertemuan Fed yang semakin dekat.

“Sebagian besar Asia masih libur,” kata Tan. “Kami memiliki The Fed segera dan saya pikir ada sedikit kehati-hatian sebelum itu.”

Penurunan harga energi global dan perlambatan inflasi yang diakibatkannya di negara-negara maju telah memicu spekulasi bahwa Fed dan bank sentral lainnya akan segera berhenti menaikkan suku bunga.

Ekspektasi tersebut telah menyebabkan indeks dolar , yang melonjak karena kenaikan suku bunga Fed tahun lalu, turun lebih dari 11% dari level tertinggi 20 tahun di bulan September di 114,78.

Indeks naik 0,12% menjadi 102,04 pada hari Rabu. Sterling turun 0,25% menjadi $1,231.

Pedagang secara luas memperkirakan Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin (bps) Rabu depan, turun dari kenaikan 50 bps pada bulan Desember. Sebelum itu, investor akan mencermati angka pertumbuhan ekonomi kuartal keempat AS, yang akan dirilis Kamis.

Data pada hari Selasa menunjukkan aktivitas bisnis zona euro secara mengejutkan kembali ke pertumbuhan moderat di bulan Januari. Ekspektasi kenaikan suku bunga lebih lanjut oleh Bank Sentral Eropa juga telah mendukung euro.

Semangat bisnis Jerman meningkat pada bulan Januari, menurut data survei Ifo Institute yang dirilis Rabu, karena inflasi mereda dan prospek cerah.

Sebaliknya, aktivitas bisnis AS berkontraksi selama tujuh bulan berturut-turut di bulan Januari, data menunjukkan pada hari Selasa, meskipun penurunan tersebut dimoderasi di seluruh manufaktur dan jasa untuk pertama kalinya sejak September.

“(Data) hanya menegaskan bahwa, untuk satu hal, ketahanan di Eropa … dan tantangan yang mereka hadapi dalam hal energi, tidak merugikan seperti yang diperkirakan beberapa orang,” kata Rodrigo Catril, ahli strategi mata uang di Bank Nasional Australia.

“Pada saat yang sama, perlambatan di AS, dalam hal aktivitas, terlihat meluas.”

Di tempat lain, dolar Australia melonjak ke level tertinggi lebih dari lima bulan pada hari Rabu setelah data inflasi datang lebih panas dari yang diharapkan, memperkuat kasus kenaikan suku bunga lebih lanjut dari Reserve Bank of Australia.

Aussie terakhir naik 0,63% menjadi $0,709 .

Sementara itu, kiwi turun 0,54% menjadi $0,647, setelah inflasi tahunan Selandia Baru sebesar 7,2% pada kuartal keempat berada di bawah perkiraan bank sentral sebesar 7,5%.

Dolar Mencoba Bangkit Karena Menanti Keputusan Fed

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.