Note

3 CEO Muslim Terkaya di Indonesia, Siapa Saja?

· Views 36
CEO PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) Boy Thohir, satu dari 3 CEO muslim terkaya di Indonesia. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - CEO muslim terkaya di Indonesia berikut merupakan pemimpin di perusahaan dengan berbagai bidang. Mereka menjalankan bisnis di tambang, sawit, properti dan sebagainya.  

CEO ini masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2022. Berikut CEO muslim terkaya di Indonesia, dikutip dari berbagai sumber:

1. Bari Hamami

Bari Hamami menjabat sebagai CEO PT Trakindo Utama. Selain perannya di Trakindo, Bari juga menjabat sebagai salah satu Direktur Tiara Marga Trakindo (perusahaan induk Trakindo), dan sebagai Komisaris PT Chitra Paratama (distributor ban mobil merek Michelin) serta Komisaris PT Mahadana Dasha Utama.

Bari adalah salah satu putra dari mendiang Achmad Hamami, pendiri Grup Tiara Marga Trakindo. Keluarga Hamami memiliki Trakindo Utama, distributor Caterpillar di Indonesia serta mengoperasikan restoran burger Carl's Jr dan supermarket LOKA. Mereka juga memiliki Mahadana Dasha Utama, yang menyediakan penyewaan dan layanan lainnya untuk sektor alat berat.

Dalam daftar orang terkaya Indonesia 2022 versi Forbes, keluarga Hamami berada di peringkat 27, dengan kekayaan 1,6 miliar dolar AS atau Rp25 triliun.

2. Garibaldi Thohir

Kakak dari Menteri BUMN Erick Thohir yang akrap disapa Boy Thohir menjabat sebagai CEO dan pemegang saham penting di PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO). Adaro merupakan salah satu eksportir batu bara terbesar di dunia. 

Pengusaha berusia 57 tahun ini pertama kali mengakuisisi saham Allied Indocoal dalam usaha patungan dengan sebuah perusahaan Australia. Kemudian, dengan mitranya membeli Adaro pada 2005.

Selain itu, dia juga mendirikan perusahaan pembiayaan sepeda motor Wahana Ottomitra Multiartha (WOM Finance) pada 1997. Boy Thohir juga memiliki saham di operator telekomunikasi Hutchison 3 Indonesia. Dia bersama keluarganya juga mengoperasikan restoran dan memiliki hotel bersama.

Sejumlah bisnis tersebut membuatnya masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia 2022 versi Forbes di peringkat 15, dengan kekayaan sebesar 3,45 juta dolar AS atau Rp53,88 triliun.

3. Bachtiar Karim

Bachtiar Karim yang lahir pada 5 November 1957 adalah CEO Musim Mas, salah satu konglomerasi sawit terkemuka. Bachtiar bersama dengan saudaranya, Burhan dan Bahari menjalankan Musim Mas. 

Keluarga Karim membuka kilang minyak sawit pertama di Indonesia pada 1970. Kemudian, Musim Mas didirikan pada 1972. 

Musim Mas menjadi perusahaan Indonesia pertama yang menjadi  anggota Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) pada 2004. Chairman Musim Mas Bachtiar Karim saat itu bertugas sebagai Dewan Eksekutif RSPO pertama. Saat ini, Musim Mas telah menjadi eksportir kelapa sawit terbesar di Indonesia kepada konsumen di seluruh dunia. 

Bachtiar Karim pernah disebut Elnur Salihovic dalam jajaran Major Players in the Muslim Business World sebagai salah satu pengusaha Muslim dunia. Elnur Salihovic menyatakan kapal, tanki, terminal biji-bijian serta pengilangan sawit milik Musim Mas merupakan salah satu yang terbesar di dunia. 

Selain bisnis di kelapa sawit, keluarga Karim juga memiliki Royal Darby Park Executive Suite di Singapura dan mendirikan entrepreneur center di Universitas Sumatera Utara di Medan. Adapun dalam daftar orang terkaya Forbes 2022, keluarga Karim berada di peringkat 11 dengan kekayaan 4 miliar dolar AS atau Rp62,5 triliun.

Itulah 3 CEO muslim terkaya di Indonesia.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.