Note

Mengenal Definisi dan Contoh Breakout pada Emiten Saham

· Views 94
Mengenal Definisi dan Contoh Breakout pada Emiten Saham
Mengenal Definisi dan Contoh Breakout pada Emiten Saham. (FOTO: MNC Media)

IDXChannel – Definisi dan contoh breakout sangat menarik dibahas. Investor harus memahami breakout dan strategi yang harus dilakukan kedepannya.

Breakout dapat sebagai acuan para investor untuk bertindak dalam transaksi saham. Breakout menjadi acuan apakah harus menjual atau justru membeli saham.

Baca Juga:
Sahamnya Meroket, CHEM dan MTPS Masuk Radar UMA BEI

Lalu bagaimana definisi dan contoh breakout? Simak penjelasan yang dihimpun kami dari berbagai sumber.

Apa itu Breakout

Sebelum Anda mengenal breakout, Anda harus mengenal terlebih dahulu dua istilah yang terkait yaitu Support dan Resistance. Support diartikan sebagai batas bawah suatu harga saham yang menjaga harga tidak semakin menurun. Sementara Resistance menjadi batas atas suatu harga dimana area tersebut sebagai batas kenaikan suatu harga.

Baca Juga:
Saham GOTO ‘Ngamuk’, Tekanan Jual Sudah Reda atau Hanya Rebound Sesaat?

Area Support dan Resistance dijadikan batas harga, dimana jika suatu harga menembus batas Support maka diprediksi harga akan terus mengalami penurunan. Jika suatu harga menembus batas Resistance maka diprediksi harga akan mengalami kenaikan.

Setelah mengetahui arti dari Support dan Resistance. Maka bisa diartikan bahwa Breakout adalah situasi dimana harga saham menembus batas support atau atas resistance.

Baca Juga:
ARTO hingga TLKM, Deretan Saham Ikut Ceria Saat GOTO Rebound

Breakout pada area support biasanya akan digunakan trader untuk menjual sahamnya untuk meminimalisir kerugian. Sedangkan breakout saat menembus resistance, maka biasanya trader akan mengambil langkah membeli saham incarannya. 

Contoh Breakout dalam Saham

Breakout terbagi menjadi dua jenis, yaitu true breakout dan false breakout. True breakout diartikan sebagai breakout terjadi, false breakout diartikan sebagai breakout palsu.

Baca Juga:
Saham Tesla Diprediksi Bakal  Alami Tekanan di 2023 dari Investor, Ini Alasannya

1. True Breakout

Momen ini terjadi jika suatu harga efek teleh menembus suatu level tertentu dan tidak berbalik lagi, dan cenderung semakin menjauh dan melakukan penembusan harga yang disebut rally.

Kondisi ini dikonfirmasi dengan grafik candlestick berupa body yang telah melewati dan menembus garis yang diikuti dengan peningkatan volume transaksi yang signifikan.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

😎

-THE END-