Note

Gawat! Polandia Bakal Terapkan Pasal 5 NATO jika Rusia Terbukti Serang Rudal, Respons Militer

· Views 59
Andrzej Duda (Foto: Reuters)

WARSAWA, iNews.id - Polandia bersikap tegas atas serangan rudal buatan Rusia ke wilayahnya pada Selasa (15/11/2022) yang menewaskan dua orang. Negara tetangga Ukraina itu kemungkinan akan mengajukan konsultasi sesuai dengan Pasal 4 NATO. Rudal menghantam sebuah desa berjarak sekitar 6 km dari perbatasan dengan Ukraina.

Duta Besar Polandia untuk NATO Krzysztof Szczerski mengatakan negaranya akan mengangkat masalah itu dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB, Rabu (16/11/2022).

Sementara itu Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan negaranya belum memiliki bukti yang menunjukkan siapa pihak yang menembakkan rudal tersebut. Dia telah memberi tahu Sekjen NATO Jens Stoltenberg dan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, sangat mungkin Duta Besar Polandia untuk NATO meminta penerapan Pasal 4, yaitu konsultasi di antara negara sekutu.

Sebagai respons Stoltenberg akan menggelar pembicaraan mendesak hari ini dengan semua duta besar anggota NATO atas insiden tersebut.

AS bersama negara sekutunya di NATO sedang menyelidiki serangan tersebut. Joe Biden, usai menggelar pertemuan darurat dengan negara-negara sekutu dan G7 di sela KTT G20 di Bali, mengatakan informasi awal menunjukkan rudal itu bukan ditembakkan dari wilayah Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia pun sudah membantah laporan rudalnya menghantam wilayah Polandia.

Lantas, apa itu Pasal 4 NATO? Pasal 4 dalam perjanjian pendirian NATO mengungkap, anggota boleh membawa masalah apa pun yang menjadi perhatian, terutama berkaitan dengan isu keamanan, untuk didiskusikan. NATO juga akan memberikan lebih banyak waktu untuk menentukan langkah apa yang harus diambil sebagai respons.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.