Note

Penguatan Saham Pertambangan Akan Pengaruhi IHSG Pekan Depan, Kok Bisa?

· Views 43
Penguatan Saham Pertambangan Akan Pengaruhi IHSG Pekan Depan, Kok Bisa?
Penguatan Saham Pertambangan Akan Pengaruhi IHSG Pekan Depan, Kok Bisa? (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Sejumlah sentimen diperkirakan bakal memengaruhi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pekan depan. Salah satu sentimen itu datang dari sektor pertambangan, khususnya batu bara.

Menurut CEO and Founder Tiamo Capital, Hendra Martono Liem, indeks sektoral salah satunya energi pada pekan lalu memimpin penguatan dengan beberapa saham yang menonjol seperti PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) yang menguat di atas 6 persen.

BACA JUGA:
LANJUTKAN PENGUATAN DAN TOPAN IHSG, SAHAM TEKNOLOGI KEMBALI BERTAJI (03/06/2022)

"Kalau kita misal perhatikan nih kalau untuk dari segi Adaro, dia mulai bergerak sangat luar biasa mulai dari 30 November 2021 itu harganya Rp1.730, tapi sekarang sudah Rp3.500," kata Hendra dalam program IDX Channel dikutip Minggu (5/6/2022).

Saham ADRO terpantau sudah naik 100 persen yang membuat momen-momen seperti investor harus bisa perhatikan baik-baik bahwa ini adalah kesempatan selama dia masih ada kenaikan, maka bisa mulai buy.

BACA JUGA:
SAHAM BERKAPITALISASI KECIL JADI PENOPANG PERGERAKAN IHSG (03/06/2022)

"Tapi anda harus perhatikan bahwa ini bener-bener sudah sangat tinggi, risikonya juga sangat tinggi dan dia naik sudah cukup lama, maka anda mau ga mau mendingan trading aja," terang Hendra.

Hal itu karena jika investor tidak trading maka menurut Hendra hanya akan mendapatkan hal yang kurang mengenakkan.

BACA JUGA:
IHSG Pekan Depan Diprediksi Melemah, Analis: Stay Away dari Saham LQ45

"Kalau misalkan saham yang naiknya sudah fantastis itu anda harus hati-hati, harus siap-siap karena ada kemungkinan dia turun secara drastis," katanya.

Untuk support ADRO berada di 1.645, 1.595, 1.540 dan 1.490. Sedangkan untuk resisten, lanjut Hendra, berada di area 1.755, 1.805, dan 1.860.

"Perkiraan saya akan bergerak di 1.805 dan 1.860 kalau misalnya masih tembus lagi bisa ke 1.910, tapi kalau sudah di area 1.860 ini sebaiknya anda take profit saja dulu," jelas Hendra.

Sedangkan untuk anak usahanya yakni Adaro Minerals (ADMR) peluangnya agak berbeda. Hendra tidak menyarankan untuk membeli saat ini. Selanjutnya untuk PTBA, investor harus siap-siap karena harga sudah naik maka bisa pasang trading stop.

"Besok kalau dia di bawah 4.480 anda out dulu, liat menuju kemana kalau masih lanjut di atas 5.000 anda harus keep," pungkasnya.

Saham-saham yang jadi rekomendasi pekan depan di antaranya:
ELSA 302 - 352 Spec BUY
JPFA 1370 -1605 Spec BUY
ITMG 33250 - 38100 BUY
MAPI 850 - 1060 Spec BUY

(TYO)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.