Note

Hadiri Madrasah Digital, Diplomat AS Ini Kagum dengan Tradisi Ramadhan di Indonesia

· Views 170
Wakil Atase Pers Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, Nick Geisinger, saat jadi pembicara dalam acara Madrasah Digital Ramadhan secara virtual, belum lama ini. (Foto: Fakhruddin)

JAKARTA, iNews.id – Diplomat AS mengaku kagum dengan tradisi bulan puasa di Indonesia. Salah satunya yang baru dia ketahui adalah ngabuburit yang menjadi kegiatan umat Islam dalam memanfaatkan waktu menjelang berbuka puasa. 

“Ini Ramadhan pertama saya di Indonesia, tapi saya sudah belajar sangat banyak tentang tradisi Ramadhan di Indonesia yang unik. Contohnya seperti sekarang, saya jadi mengerti apa itu ngabuburit,” kata Wakil Atase Pers Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, Nick Geisinger, saat memberikan pengantar dalam acara Madrasah Digital Ramadhan baru-baru ini. 

Madrasah Digital Ramadhan digelar secara virtual dengan diikuti sedikitnya 60 peserta yang berasal dari berbagai daerah. Kegiatan mengangkat tema 'Peace Camp for Islamic Peace Society 2022: Generating Positive Islamic Content in Internet Through Millenial Generation dan menghadirkan Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dr KH Abdul Mu'ti.

Nick Geisinger mengatakan bahwa Amerika Serikat dan Indonesia merupakan dua negara demokrasi terbesar di dunia. Kedua negara ini mempunyai tradisi masing-masing yang unik sejalan dengan adanya kebebasan dalam melaksanakan dan menjalankan keyakinan. 

“Muslim di Amerika Serikat dan Indonesia bisa secara bebas menjalankan ibadah Ramadhan. Di negara-negara tertentu, tidak punya kebebasan untuk melakukan itu. Jadi mari kita selalu mendoakan selalu saudara-saudara yang tidak punya kebebasan itu,” ucapnya. 

Nick juga mengaku sangat senang dengan keberadaan Madrasah Digital. Sebab, sejak pelatihan pertama yang digelar di Yogyakarta pada Oktober 2018, Madrasah Digital yang digawangi Muhammad Fakhruddin terus mengalami perkembangan yang baik.

“Madrasah Digital terus berkembang, saya sangat kagum melihat semangat rekan-rekan. Senang sekali hari ini ada lebih dari 60 alumni Madrasah Digital yang berkumpul di sini, tuturnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.