Note

Tragis, 6 Pengungsi Rohingya Termasuk 2 Anak-Anak Tewas Ditabrak Mobil saat Nyeberang Jalan

· Views 162
Enam pengungsi Rohingya meninggal di Malaysia akibat ditabrak mobil saat menyeberang jalan (Foto: Reuters)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Enam pengungsi Rohingya yang berada di Malaysia, Rabu (20/4/2022), tewas setelah ditabrak mobil di Negara Bagian Kedah. Dua dari korban tewas merupakan anak-anak.

Berdasarkan keterangan pejabat setempat, seperti dikutip dari Reuters, peristiwa bermula dari kerusuhan di pusat penahanan imigrasi Sungai Bakap, Negara Bagian Penang, pada Rabu pagi. Ratusan pengungsi Rohingya melarikan diri dari pusat penahanan. Dalam pelarian mereka menyeberangi jalan hingga sebagian diseruduk kendaraan yang melaju kencang.

Sementara itu departemen imigrasi Malaysia menyatakan, total 582 pengungsi Rohingya melarikan diri dari kamp penahanan sementara Sungai Bakap dengan mendobrak pintu dan pagar pembatas. Sebanyak 362 di antaranya berhasil ditangkap kembali.

Kepolisian Kedah, tempat kecelakaan terjadi, masih menyelidiki penyebab kerusuhan dan memburu mereka yang melarikan diri.

Kepala kepolisian Kedah Wan Hassan Wan Ahmad mengatakan mereka ditabrak saat menyeberangi jalan raya sekitar 8 km dari pusat penahanan. Korban tewas adalah dua laki-laki, dua perempuan, serta masing-masing seorang anak laki-laki dan perempuan.

Sebelum kerusuhan, pusat penahanan itu menampung 664 pengungsi Rohingya, termasuk 137 anak-anak.

Malaysia telah lama menjadi tujuan favorit pengungsi Muslim Rohingya yang melarikan diri dari kamp di Bangldesh. Mereka eksodus dari kekerasan militer Myanmar di Rakhine, umumnya sejak pecah kerusuhan pada 2017.

Di Malaysia, ribuan pengungsi Rohingya ditangkap dan ditempatkan di pusat-pusat penahanan imigrasi hingga penuh sesak sejak 2020. Pemerintah Malaysia berdalih penangkapan dilakukan demi mencegah penyebaran Covid-19

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.