Note

Drone Pengintai AS RQ-4 Global Hawk Gentayangan di Langit Ukraina

· Views 127
AS mengerahkan drone pengintai RQ-4 Global Hawk terbang di langit Ukraina (Foto: US Air Force via Reuters)

FRANKFURT, iNews.id - Amerika Serikat (AS) mengerahkan drone mata-mata RQ-4 Global Hawk terbang di langit Ukraina. Banyak maskapai penerbangan internasional menghetikan penerbangan di langit Ukraina, sehingga pesawat tanpa awak itu leluasa hilir mudik. 

Situs web pelacakan penerbangan Flightradar24 mengungkap, RQ-4 Global Hawk terbang selama beberapa jam di langit Ukraina untuk sekali kesempatan. Sejak sebulan terakhir, dua drone pengintai melakukan terbang reguler dari pangkalan di Laut Mediterania ke Ukraina, berputar beberapa kali di utara dan timur.

Penerbangan drone jarak jauh dan tinggi itu bersamaan dengan penguatan militer oleh Rusia di sepanjang perbatasan Ukraina.

Dua drone yang menggunakan di tanda panggil Forte10, Forte11, dan Forte12 terbang pada ketinggian yang bisa dilihat oleh publik di Ukraina timur. 

Pengamat penerbangan menilai, kehadiran pesawat tanpa awak itu sebagai unjuk kekuatan.

"Dengan penerbangan seperti ini, membiarkan transponder menyala merupakan keputusan yang disengaja," kata Ian Petchenik, direktur komunikasi di Flightradar24, dikutip dari Reuters, Selasa (22/2/2022).

Angkatan Udara AS sejauh ini enggan mengomentari misi dari drone itu, namun hanya menjelaskan AS secara rutin mengoperasikan pesawat pengintai untuk tujuan intelijen.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.