Note

Pergerakan Harga Emas Hari Ini, Selasa 8 Februari 2022, Makin Mantul

· Views 72

Bisnis.com, JAKARTA - Harga emas mempertahankan kenaikan pada perdagangan Selasa (8/2/2022) memanfaatkan momentum pelemahan dolar AS secara luas. 

Mengutip data Bloomberg pada 10.13 WIB, emas spot menguat 0,10 persen atau 1,89 poin ke US$1.822,36 per troy ounce. Sementara emas Comex kontrak April 2022 naik 0,06 persen atau 1,10 poin ke US$1.822,90 per troy ounce. 

Tim analis Monex Investindo Futures menjelaskan, investor berpeluang memburu aset aman emas karena pasar mengkhawatirkan tensi geopolitik yang terus memanas di Ukraina. Presiden AS Joe Biden kembali memberi ancaman ke pemerintah Presiden Rusia Vladimir Putin. Ini terkait ancaman serangan Rusia ke Ukraina.

"Penguatan tersebut berpotensi terbatasi oleh minat spekulatif yang masih mencerna pengumuman hawkish terbaru dari bank sentral Eropa," tuli tim riset, Selasa (8/2/2022).

ECB dan BOE mengejutkan investor setelah mengungkapkan keputusan terbaru mereka, yang mengikuti jalur bank sentral AS Federal Reserve dari pergerakan yang lebih ketat dan lebih cepat untuk menekan inflasi.

Adapun awal pekan ini ini dimulai dengan pasar saham global yang berusaha keras untuk membukukan kenaikan. Sebagian besar indeks Eropa berhasil ditutup di zona hijau, memberikan dukungan ringan ke Wall Street. 

Sementara itu, imbal hasil obligasi pemerintah AS sedang meningkat. Surat utang obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun memberikan imbal hasil 1,93 persen pada saat ini. "Hal ini biasanya menjadi katalis yang bullish untuk greenback, imbal hasil yang lebih tinggi hampir tidak cukup untuk mencegahnya jatuh lebih jauh," tulis Monex. 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.