Note

Bank Sentral Rusia akan Melarang Reksadana Berinvestasi di Bitcoin

· Views 51

Bank sentral Rusia melanjutkan kebijakan ketatnya mengenai industri cryptocurrency, sekarang secara resmi melarang reksa dana berinvestasi dalam cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC).

Pada hari Senin, Bank Rusia menerbitkan pernyataan resmi tentang pengaturan peluang investasi oleh reksa dana investasi.

Meskipun memperluas jumlah aset yang tersedia untuk investasi oleh reksa dana, dokumen tersebut melarang pengelola dana membeli cryptocurrency serta “instrumen keuangan yang nilainya bergantung pada harga aset digital.”

Pernyataan tersebut menekankan bahwa reksa dana tidak diperbolehkan untuk memberikan eksposur kripto baik kepada investor yang memenuhi syarat atau tidak.

Bank Rusia sebelumnya merekomendasikan agar manajer aset mengecualikan cryptocurrency dari eksposur di reksa dana pada Juli 2021. Menurut sebuah laporan oleh kantor berita lokal RBC, belum ada reksa dana Rusia dengan eksposur kripto meskipun belum ada larangan resmi sampai sekarang.

Artem Deev, kepala departemen analitik di perusahaan pialang AMarkets, dilaporkan mengatakan bahwa Rusia hanya memiliki satu dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) terkait industri sejauh ini.

Menurut Deev, dana tersebut dikelola oleh perusahaan manajemen saham gabungan “BrokerCreditService” dan berinvestasi di perusahaan yang berfokus pada penyimpanan data terdesentralisasi dan blockchain, termasuk perusahaan seperti Jack Dorsey’s Block , PayPal, dan Broadcom.

Bank terbesar Rusia, Sber, dilaporkan juga berencana untuk meluncurkan ETF yang berfokus pada blockchain, kata kepala manajemen aset Sber, Vasily Illarionov. ETF akan disebut “Ekonomi Blockchain” dan akan berinvestasi dalam saham yang terkait dengan adopsi blockchain. Illarionov mencatat bahwa dana tersebut tidak termasuk dalam batasan Bank Rusia dan dapat ditawarkan kepada investor ritel.

Sebelumnya, Bank Sentral Rusia telah mengambil sikap keras terhadap cryptocurrency dan telah melarang beberapa bank besar untuk menawarkan layanan investasi kripto.

Regulator berpendapat bahwa layanan semacam itu tidak “memenuhi kepentingan investor dan menanggung risiko besar.”

Bank Sentral Rusia akan Melarang Reksadana Berinvestasi di Bitcoin

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.