Note

Pound Tembus 1.38 Akibat Pelemahan Dolar AS

· Views 33

Seputarforex - Sterling menguat terhadap Dolar AS dan Euro. Pasalnya, para investor masih mengantisipasi data Ketenagakerjaan AS yang lebih lengkap, khususnya Non Farm Payroll AS, yang akan dirilis besok. GBP/USD naik 0.46 persen ke 1.3832 saat berita ini ditulis pada sesi perdagangan Kamis (02/September) malam.

Pound Tembus 1.38 Akibat Pelemahan Dolar AS

Dalam satu pekan ini, belum ada jadwal rilis data ekonomi Inggris berdampak tinggi ataupun komentar-komentar dari para pejabat Bank of England terkait kebijakan bank sentral. Oleh karena itu, pergerakan Pound murni karena pengaruh pergerakan mata uang rivalnya.

Klaim Pengangguran mingguan AS untuk pekan lalu tercatat turun hingga level terendah 24 tahun. Namun demikian, Dolar AS tetap melemah malam ini karena para investor lebih memilih untuk menunggu data NFP AS besok, yang dianggap akan lebih dipertimbangkan oleh The Fed dalam menentukan tapering aset.

Jeremy Stretch, analis dari CIBC mengatakan bahwa minat risiko merupakan pendukung paling besar atas penguatan Poundsterling. Jika data NFP AS terbukti lemah, maka kemungkinan Cable akan menambah sedikit penguatan lagi. Hal itu karena ekspektasi terhadap data ketenagakerjaan AS masih kuat. Namun, jika data NFP AS hanya sedikit di atas ekspektasi, maka penguatan Sterling versus Dolar AS kemungkinan akan terhenti.

 

Sterling juga masih lebih kuat dibandingkan dengan Euro. Menurut Stretch, gerak Pound versus Euro lebih baik daripada gerak Pound versus Dolar AS. Hal itu karena sikap ECB lebih dovish daripada Bank of England.

Awal tahun ini, Sterling sempat menjadi mata uang berkinerja terbaik karena vaksinasi COVID-19 di Inggris yang agresif dibandingkan negara maju lainnya. Namun, begitu vaksinasi di negara lain sudah menyebar dan perdagangan pasar global beranjak pulih, Sterling tak lagi memimpin. Selain itu, pasar juga mengamati penambahan kasus baru infeksi COVID di Inggris dalam satu bulan ini.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.