Note

Protes Anggaran Kemensos Disunat, Anggota DPR Soroti Bujet Senjata-Intelijen

· Views 107
Protes Anggaran Kemensos Disunat, Anggota DPR Soroti Bujet Senjata-Intelijen
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta

Anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanulhaq protes anggaran Kementerian Sosial harus dipotong dalam rangka refocusing. Menurutnya kebijakan ini tidak adil dan tidak rasional.

Pasalnya, dia menilai program dari Kementerian Sosial sangat dibutuhkan masyarakat, khususnya dalam pengentasan kemiskinan. Bahkan, Maman sempat menyoroti anggaran pertahanan saja tidak pernah turun, bahkan naik terus.

Dia juga heran pemerintah ingin terus menurunkan tingkat kemiskinan tapi malah anggaran Kemensos yang dikurangi.

"Kami keberatan dengan refocusing, tidak adil, tidak rasional, dan tidak efisien. Ini target penurunan kemiskinan turun dari 10% ke 8%, tapi anggaran senjata dan intelijen aja yang naik terus, ini kan nggak rasional," ungkap Maman dalam rapat kerja Komisi VIII dengan Kemensos, Rabu (25/8/2021).

"Anggaran Kemensos ini kan paling dibutuhkan masyarakat sekarang, bisa entaskan kemiskinan, kok disunat kan aneh," tegasnya.

Maman juga meminta Komisi VIII DPR RI bersurat ke Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk memberikan peringatan. "Mungkin perlu pak Ketua kita surati Menkeu peringati hal ini," katanya.

Sebagai informasi, anggaran Kemensos telah 4 kali mengalami refocusing. Dari refocusing itu, anggaran Kemensos sudah berkurang sebanyak Rp 1,6 triliun.

Menurut Menteri Sosial Tri Rismaharini hal ini tak bisa dihindari. Dia mengatakan kalau pihaknya tidak melakukan refocusing, maka Kementerian Keuangan yang akan memotong anggarannya. Risma sendiri mengaku akan sulit melindungi program-program Kemensos yang menyentuh masyarakat secara langsung.

"Refocusing begitu kita tidak melakukan penyederhanaan maka akan dilakukan pemotongan sendiri dari Kemenkeu. Maka saya sebenarnya takut melindungi program yang menyentuh masyarakat," ungkap Risma.

"Kami takutnya ini kami hanya serahkan bantuan saja program kita," katanya.

Akibat program pemangkasan ini, beberapa program Kemensos pun ditunda, misalnya saja program pembangunan dan perbaikan gedung-gedung Kemensos.

Tapi, Risma menegaskan tak ada anggaran bantuan sosial yang ikut di-refocusing. Dia menyatakan pihaknya memiliki anggaran bantuan sosial sebesar Rp 22 triliun tahun ini untuk seluruh jenis program bantuan sosial.

"Ada Rp 22 triliun anggaran ini kita nggak bisa pakai apa-apa ini untuk bantuan sosial. Yang di-refocusing ini beda pos sama yang bantuan sosial," ungkap Risma.

(hal/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.