Note

Saham Asia rebound, ketegangan AS-China membayangi optimisme ekonomi

Verified Official
· View 116

Saham Asia bangkit kembali dari level terendah tiga bulan pada hari Jumat berkat reli akhir hari di Wall Street karena optimisme tentang pemulihan ekonomi global dibayangi oleh meningkatnya ketegangan antara Barat dan China.

Indeks MSCI ex-Japan Asia naik 0,37% setelah mencapai level terendah hampir tiga bulan pada hari Kamis, sementara Shanghai Composite Index naik 0,78%, menghentikan penurunan tiga hari berturut-turut.

"Penurunan baru-baru ini di saham China telah mengkhawatirkan, tetapi tidak ada perubahan dalam fakta bahwa ekonomi China sedang pulih," kata Yasutada Suzuki, kepala investasi pasar berkembang di Sumitomo Mitsui Bank.

Pada hari Kamis, saham China jatuh mendekati level terendah tiga bulan di awal bulan. Uni Eropa bergabung dengan sekutu Washington minggu ini dalam menjatuhkan sanksi kepada pejabat di wilayah Xinjiang China atas tuduhan pelanggaran hak asasi manusia, yang mendorong sanksi pembalasan dari Beijing.

“Semua sanksi sejauh ini sebagian besar bersifat simbolis dan seharusnya memiliki dampak ekonomi yang kecil. Tetapi konfrontasi Tiongkok-AS memengaruhi sentimen pasar. Butuh beberapa waktu bagi mereka untuk berkompromi, ”tambah Suzuki.

Nikkei Jepang naik 0,89% setelah saham Wall Street melakukan reli, didorong oleh saham murah dan siklikal yang telah terpukul oleh pandemi.

Dow Jones Industrial Average naik 0,62% dan S&P 500 naik 0,52% sementara Nasdaq Composite hanya naik 0,12%.

Para analis mengatakan perdagangan lebih didorong oleh penyeimbangan kembali portofolio investasi akhir kuartal oleh investor institusional daripada arus berita, meskipun mereka mencatat berita utama semalam sebagian besar mendukung untuk saham.

Data Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan klaim tunjangan pengangguran turun ke level terendah satu tahun minggu lalu, sebuah tanda bahwa ekonomi AS berada di ambang pertumbuhan yang lebih kuat karena situasi kesehatan masyarakat membaik.

Dalam konferensi pers formal pertamanya, Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa ia akan menggandakan rencana peluncuran vaksinasi pemerintahannya setelah mencapai target sebelumnya yaitu 100 juta suntikan, 42 hari lebih cepat dari jadwal.

Tetapi sementara perbaikan dalam krisis kesehatan AS telah mendukung selera risiko secara global, investor semakin khawatir dengan perbedaan kondisi kesehatan.

“Vaksinasi di benua Eropa terlambat dari jadwal. Sehubungan dengan AS, pembukaan kembali ekonomi kemungkinan akan tertunda karena beberapa negara terpaksa memberlakukan lockdown, "kata Soichiro Matsumoto, kepala investasi, Jepang, di unit perbankan swasta Credit Suisse di Tokyo.

Itu memberi tekanan pada euro, yang menjilat luka di $ 1,1780 setelah jatuh serendah $ 1,1762 semalam, level terendah sejak November.

Dolar juga naik menjadi 109,17 yen, jauh dari level tertinggi sembilan bulan pekan lalu di 109,365 yen.

Indeks mata uang AS berdiri di dekat level tertinggi sejak pertengahan November, setelah naik 2,0% sejauh bulan ini.

"Dolar sangat penting," kata James Athey, direktur investasi di Aberdeen Standard Investments di London.

“Jika dolar mulai menguat, itu menjadi masalah. Ini berarti kelemahan komoditas dan kelemahan pasar berkembang dan itu mulai memberikan narasi penyeimbang disinflasi. "

Harga minyak rebound sedikit dari penurunan 4% pada hari Kamis, meskipun mereka berada di jalur untuk penurunan minggu ketiga berturut-turut di tengah kekhawatiran tentang penurunan lebih lanjut dalam permintaan. [ATAU]

Selain Eropa, negara berkembang besar seperti Brasil dan India juga berjuang dengan kebangkitan kasus COVID-19.

Pasar masih mendapat dukungan dari kekhawatiran tentang gangguan pasokan karena kapal kontainer yang terdampar di Terusan Suez dapat memblokir jalur pengiriman penting selama berminggu-minggu.

Minyak mentah AS terakhir naik 0,99% menjadi $ 59,14 per barel dan Brent berada di $ 62,44, naik 0,79%.

Diunggah ulang dari reuters ,semua hak cipta dimiliki oleh penulis asli.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

If you like, reward to support.
avatar

Hot

Join the winning teams kindly click on this link https://t.me/joinchat/WQBFEsrg...

-THE END-

login