Note

Rupiah diramal menguat esok hari, ini pendorongnya

Verified Official
· View 71

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rupiah mengawali perdagangan pekan ini dengan kinerja yang kurang memuaskan. Pada Senin (15/3), rupiah di pasar spot ditutup di level Rp 14.403 per dolar Amerika Serikat (AS) atau melemah 0,12% dibanding penutupan akhir pekan lalu yang masih berada di Rp 14.385 per dolar AS.

Tak hanya melemah di pasar spot, kinerja serupa juga terjadi di kurs tengah Bank Indonesia (BI). Mata uang Garuda ini ditutup terkoreksi sebesar 0,33% ke Rp 14.418 per dolar AS.

Ekonom Samuel Sekuritas Ahmad Mikail mengatakan, pelemahan rupiah pada hari ini tidak terlepas dari rilis data ekonomi Indonesia yang dianggap kurang meyakinkan. Hari ini, terdapat rilis data neraca perdagangan di mana posisinya pada bulan lalu masih mencatatkan surplus sebesar US$ 2 miliar.

Rupiah diramal menguat esok hari, ini pendorongnya

“Walaupun memang mencatatkan surplus, tapi dari sisi impor mengalami kenaikan tajam hingga 14%. Ini menimbulkan ekspektasi investor bahwa ke depan impor masih akan kembali mengalami kenaikan hingga akan semakin menekan surplus neraca perdagangan ke depan,” kata Ahmad kepada Kontan.co.id, Senin (15/3).

Kendati demikian, Ahmad meyakini rupiah sepekan ini akan cenderung bergerak stabil. Bahkan untuk perdagangan besok, Selasa (16/3), menurutnya rupiah ada potensi mengalami penguatan. Salah satu penyebabnya adalah esok akan ada rilis data penjualan ritel AS pada Februari yang diperkirakan akan mengalami penurunan dibanding posisi Januari.

Dengan kondisi tersebut, ia melihat akan ada potensi yield US Treasury pada esok hari akan tertekan dan terkoreksi. Dus, rupiah akan mendapatkan keuntungan dari keadaan tersebut. Ahmad juga bilang, pasar masih akan dalam posisi wait and see menunggu hasil rapat baik dari The Fed maupun dari BI pada pertengahan pekan ini.










Baca lebih lanjut dari artikel aslinya: https: //newssetup.kontan.co.id/news/...

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No older comments, be the first to grab the sofa.

login