Note

Moody's Downgrade Peringkat Utang AS Jadi Negatif, Joe Biden Komplain

· Views 69
Moody's Downgrade Peringkat Utang AS Jadi Negatif, Joe Biden Komplain
Moody's Downgrade Peringkat Utang AS Jadi Negatif, Joe Biden Komplain (Foto: dok Reuters)

IDXChannel - Moody's memangkas peringkat utang Amerika Serikat (AS) dari stabil menjadi negatif.

Hal ini seiring dengan melebarnya defisit fiskal AS ditambah penurunan kemampuan negara Paman Sam itu dalam membayar utang. 

Baca Juga:
Moody's Downgrade Peringkat Utang AS Jadi Negatif, Joe Biden Komplain Pemerintah Waspadai Penurunan Peringkat Utang AS

Melansir dari Reuters, Sabtu (11/11/2023), langkah lembaga pemeringkat itu pun mendapat kecaman dari Presiden Joe Biden. 

Kepala ekonom AS Christopher Hodge mengungkapkan, defisit anggaran akan tetap besar dan beban utang juga akan terus bertambah karena biaya bunga mengambil bagian yang lebih besar.

Baca Juga:
Moody's Downgrade Peringkat Utang AS Jadi Negatif, Joe Biden Komplain Peringkat Utang AS Turun, Begini Komentar Warren Buffett

"Segala jenis respon kebijakan signifikan yang mungkin dapat kita lihat terhadap penurunan kekuatan fiskal ini mungkin baru akan terjadi pada tahun 2025 karena melihat realitas kalender politik tahun depan," kata William Foster, wakil presiden senior di Moody's. 

Dalam sebuah pernyataan, Wakil Menteri Keuangan AS Wally Adeyemo menyebut meskipun Moody’s mempertahankan peringkat ‘Aaa’, pemerintah AS tidak setuju dengan perubahan ke prospek negatif. 

Baca Juga:
Moody's Downgrade Peringkat Utang AS Jadi Negatif, Joe Biden Komplain Fitch Pangkas Peringkat Utang AS, Ini Alasannya

Pasalnya, mereka mengeklaim perekonomian Amerika tetap kuat dan surat berharga Departemen Keuangan adalah aset yang paling aman dan likuid di dunia. 

Moody's adalah lembaga pemeringkat terakhir dari tiga lembaga pemeringkat utama yang mempertahankan peringkat teratas untuk pemerintah AS. 

Baca Juga:
Moody's Downgrade Peringkat Utang AS Jadi Negatif, Joe Biden Komplain Fitch Pangkas Peringkat Utang AS, Yellen: Sewenang-wenang

Fitch mengubah peringkatnya dari triple-A menjadi AA+ pada bulan Agustus, bergabung dengan S&P yang telah memiliki peringkat AA+ sejak 2011.

Sementara Fitch mengubah pandangannya, menunjukkan kemungkinan penurunan peringkat dalam jangka menengah.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.